Sukses


Ahok Upayakan Bantuan 15 Miliar Rupiah untuk Rio Haryanto

Bola.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, siap mengupayakan bantuan finansial senilai 1 juta Euro atau setara Rp 15 miliar untuk memuluskan jalan pebalap Indonesia, Rio Haryanto, ke pentas F1. Pejabat yang akrab disapa Ahok ini berjanji akan segera mengajukan permohonan persetujuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta.

"Rio ini kan punya talenta di ajang balap. Tapi untuk naik ke F1, yang dibutuhkan bukan hanya talenta. Tapi juga dukungan finansial," tutur Ahok seusai menggelar pertemuan tertutup dengan Rio di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (27/10/2015).

"Untuk itu, Pemerintah Provinsi akan membantu mencarikan dana. Mungkin nanti lewat APBD dari program Enjoy Jakarta!," lanjutnya.

Musim depan, Rio sejatinya sudah mendapat tawaran membalap di ajang F1 lewat tim Manor Marussia. Namun, untuk mendapatkan kursi pebalap, Rio harus menyetor dana sebesar 15 juta Euro atau senilai Rp 225 miliar.

Sejauh ini, pebalap kelahiran Surakarta, Jawa Tengah, 22 tahun lalu itu, baru mengantongi komitmen dari sponsor utamanya, Pertamina, senilai 5 juta Euro. Artinya, Rio masih perlu dana sebanyak 10 juta Euro atau senilai Rp 150 miliar lagi untuk memastikan tempat di Manor Marussia.

"Bagi saya, ini kesempatan langka yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Bila jadi, Rio bukan cuma jadi pebalap Indonesia pertama yang bisa membalap di F1, tapi juga menjadi satu-satunya pebalap dari Asia yang ada di ajang itu," kata Ahok.

"Belum tentu dalam 10 tahun ke depan akan ada kesempatan seperti ini. Kami harap semua pihak mau dan bisa membantu Rio Haryanto," ujar Basuki Tjahaja Purnama menutup pembicaraan.

Video Populer

Foto Populer