Sukses


Kilas Balik Balap 2015 (II): Rossi-Marquez Kerap Terlibat Insiden

Bola.com, Jakarta - Balapan MotoGP dan Formula One (F1) musim 2015 resmi berakhir. Pebalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, keluar sebagai juara MotoGP 2015. Sedangkan jagoan Mercedes GP, Lewis Hamilton, menjadi yang terbaik di Formula One 2015.

Di MotoGP, persaingan antara Lorenzo, Valentino Rossi dan Marc Marquez masih menjadi daya tarik. Ketiganya kerap melakukan pertarungan sengit yang kadang menimbulkan kontroversi.

Sedangkan di F1, balapan memang masih dikuasai duo Mercedes, Hamilton dan Nico Rosberg. Namun, ada beberapa hal menarik yang muncul di luar persaingan kedua pebalap tersebut.

Lantas apa saja kejadian yang tersaji di MotoGP dan F1 sepanjang musim 2015? Berikut kilas balik yang dirangkum bola.com:

2 dari 4 halaman

April 2015

April 2015

Regulasi Baru untuk MotoGP 2016 Terungkap (7 April)

Operator MotoGP, Dorna, diam-diam telah menyiapkan regulasi baru untuk musim 2016. Regulasi ini diambil berdasarkan keputusan yang diambil seusai MotoGP Qatar, 27 Maret 2015.

Crash memberitakan regulasi baru tersebut meliputi aturan perombakan teknologi mesin, bahan bakar, dan penggunaan ban. Aturan itu mendorong agar balapan lebih kompetitif dan tidak didominasi tim tertentu.

Pria Nekat Seberangi Sirkuit saat Latihan Bebas F1 (10 April)

Sesi latihan bebas pertama Formula One GP Tiongkok diwarnai insiden menggemparkan. Seorang penonton tiba-tiba berlari masuk ke lintasan saat pebalap tengah melakoni sesi latihan.

Daily Mail melansir, pria yang tak diketahui identitasnya itu melompati pagar dan berlari menyeberang lintasan. Pihak berwajib mengatakan pria tersebut tidak dalam kondisi mabuk. Namun, dia diduga mengalami gangguan jiwa.

Marquez Menangi Seri Pertama 2015 (13 April)

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, menjadi juara di MotoGP Austin. Ini merupakan yang pertama bagi sang juara bertahan di musim 2015.

Pada balapan kali ini Baby Alien mengalahkan Andrea Dovizioso (Ducati) dan Valentino Rossi (Movistar Yamaha).

Rossi dan Marquez Bersenggolan di MotoGP Argentina (20 April)

Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, menjadi juara di MotoGP Argentina. Namun, kemenangannya ini diwarnai kontroversi.

The Doctor dituding menjadi penyebab terjatuhnya Marc Marquez. Ban depan motor pebalap Repsol Honda itu dinilai terdorong ban belakang Rossi dan menyebabkan juara bertahan MotoGP itu terjatuh sehingga harus menghentikan lomba lebih cepat. Beberapa hari kemudian, Marquez akhirnya mengaku bersalah atas insiden tersebut.

3 dari 4 halaman

Mei 2015

Mei 2015

Lorenzo Kecap Kemenangan Pertama, Rossi Ukir Rekor (3 Mei)

Sempat melempem di dua balapan awal membuat pebalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, sempat khawatir. Namun, keraguan itu mulai hilang setelah X-Fuera itu menjadi yang tercepat di balapan MotoGP Spanyol.

Lorenzo berhasil mengalahkan pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, yang finis kedua. Sedangkan rekan tim Lorenzo, Valentino Rossi, finis di posisi ketiga.

Podium ketiga milik Rossi tersebut berbuah rekor pribadi. Pebalap asal Italia ini resmi mengoleksi podium ke-200 sepanjang kariernya.

McLaren Ganti Corak Mobil (6 Mei)

Tim Formula One, McLaren, mengganti corak warna mobil MP4-30. Warna perak mengkilap yang mendominasi mobil McLaren dinilai mengganggu pebalap tim lain karena begitu menyilaukan.

Warna hitam gelap jadi pilihan tim asal Woking, Inggris, tersebut. Aksen merah pada bagian moncong dan depan kokpit pebalap jadi pelengkap

Lorenzo Kuasai MotoGP Prancis, Rossi Nyaris Celakai Marquez (17 Mei)

Pebalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, merengkuh kemenangan keduanya di MotoGP musim 2015 dengan menjadi yang tercepat dalam balapan di Sirkuit Le Mans. Dia mengungguli rekan timnya, Valentino Rossi, yang finis kedua.

Dalam balapan ini, Rossi nyaris terlibat insiden dengan pebalap Repsol Honda, Marc Marquez. Aksi The Doctor menyalip pebalap Spanyol itu di lap kelima nyaris berbuah petaka.

Perpanjang Kontrak, Hamilton Cetak Rekor (20 Mei)

Pebalap Mercedes GP, Lewis Hamilton, resmi memperpanjang kontraknya. Kontrak baru tersebut berdurasi tiga musim.

Mirror memberitakan kontrak baru pebalap Inggris ini mencatatkan rekor. Nilainya yang ditaksir mencapai £100 juta menjadi yang tertinggi dalam sejarah olahraga Inggris.

Lorenzo Cetak Hatt-rick (31 Mei)

Pebalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, mencatatkan kemenangan ketiganya di musim 2015 setelah menjadi yang tercepat di MotoGP Italia. X-Fuera sukses mengalahkan pebalap Ducati, Andrea Iannone, yang finis kedua. Sedangkan Valentino Rossi harus puas di posisi ketiga.

4 dari 4 halaman

Juni 2015

Juni 2015

Pebalap Indonesia Alami Kecelakaan Fatal (7 Juni)

Kecelakaan hebat terjadi pada akhir seri kedua Asia Road Racing Championship 2015 di Sirkuit Sentul, Bogor. Pebalap asal Indonesia, M. Fadli Imanuddin ditabrak saat melakukan victory lap.

Usai melewati garis finis, Fadli melakukan victory lap dengan cara melambaikan tangan ke arah penonton. Namun, tiba-tiba lutut kiri Fadli ditabrak pebalap asal Thailand Jakkrit Sawangswat dari belakang.

Jorge Lorenzo Menang 4 Kali Beruntun (14 Juni)

Pebalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, mencatatkan empat kemenangan secara beruntun di MotoGP 2015 setelah menjadi yang tercepat di Catalunya. Dia menjadi yang tercepat setelah mencetak waktu 42 menit 53,208 detik.

Jika Lorenzo meraih hasil luar biasa, Marc Marquez justru bernasib sial. Pebalap Repsol Honda ini kembali gagal finis setelah terjatuh. Ini menjadi insiden ketiga secara beruntun bagi pebalap asal Spanyol tersebut.

Alonso dan Raikkonen Terlibat Kecelakaan Parah (21 Juni)

Nasib sial harus menimpa Fernando Alonso dan juga Kimi Raikkonen di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria. Kedua pebalap itu mengalami kecelakaan parah.

Kecelakaan ini berawal ketika Raikkonen berusaha menyalip pebalap McLaren tersebut dari sisi luar selepas start. Namun, mobil pebalap Ferrari itu justru menyenggol jet darat Alonso. Akibatnya, keduanya tak mampu melanjutkan balapan. Bahkan, mobil Alonso berada di atas mobil Raikkonen.

Kemenangan Rossi di MotoGP Belanda Diwarnai Kontroversi (27 Juni)

Jagoan Movistar Yamaha, Valentino Rossi, menjadi juara di MotoGP Belanda setelah mengalahkan pebalap Repsol Honda, Marc Marquez. Namun, kemenangan The Doctor atas Marquez dipertanyakan.

Saat memasuki tikungan terakhir sebelum finis, kedua motor pebalap tersebut saling beradu. Akibatnya, Rossi harus keluar lintasan. Tetapi kejadian tersebut justru membuat The Doctor yang melintas di jalur gravel berhasil finis terdepan.

"Kami sudah melihat tayangan ulang kejadian itu dari semua sudut kamera yang ada. Keputusannya adalah ini merupakan sebuah insiden. Dasar dari keputusan ini adalah rekaman kamera dari helikopter yang memperlihatkan Valentino berada di depan. Jadi Valentino berhak atas kemenangannya," ujar Direktur MotoGP, Mike Webb, seperti dikutip Crash.

 

Video Populer

Foto Populer