Sukses


Valentino Rossi Beberkan Kekurangan Motor Yamaha

Bola.com, Barcelona - Yamaha tampil dominan pada MotoGP musim 2015 dengan menyabet tiga gelar juara sekaligus. Keberhasilan itu tak lepas dari performa motor YZR-M1 yang kompetitif. Namun, menurut Valentino Rossi motor edisi 2015 itu masih punya kekurangan.

"Satu hal yang harus ditingkatkan dari motor tahun lalu adalah top speed di trek lurus. Tahun lalu kami tertinggal dari rival dalam aspek tersebut," kata Rossi di sela-sela peluncuran motor baru Yamaha untuk musim 2016 di Barcelona, Spanyol, Senin (18/1/2016).

Di luar masalah top speed, Valentino Rossi mengaku puas dengan performa M1 secara keseluruhan. Untuk musim 2016, The Doctor menilai hal utama yang mesti diperhatikan Yamaha adalah perubahan electronic control unit (ECU) dan ban baru.

Mulai musim 2016, seluruh tim harus menggunakan ECU yang sama. Pemasok ban tunggal pun berganti dari Bridgestone ke Michelin. Diameter ban Michelin yang digunakan juga berbeda dengan ban Bridgestone.

Rossi sudah menjajal paket elektronik 2016 dalam tes di Valencia pada November 2015. Kesan pertama Rossi terhadap ECU anyar ternyata negatif.

"Saya agak cemas karena paket ECU ini berbeda dan lebih buruk daripada yang kami pakai tahun lalu. Namun, ini bukan masalah besar. Saya percaya engineer Yamaha bisa mengakalinya. Saya justru lebih mengkhawatirkan kecocokan ban baru dengan motor kami," ujar Rossi.

Video Populer

Foto Populer