Sukses


Manor Racing Belum Putuskan Nasib Rio Haryanto

Bola.com, Jakarta - Tim Formula 1, Manor Racing, belum membuat keputusan terkait nasib pebalap Indonesia, Rio Haryanto. Ibunda Rio, Indah Pennywati, berharap tim yang bermarkas di Inggris itu mau menerima alternatif lain pembayaran uang muka meskipun batas waktu yang ditetapkan sudah habis.

Indah mengatakan hingga Sabtu (6/2/2016), belum menerima kabar apapun dari Manor. Menurutnya, mereka terus berusaha menghubungi tim tersebut melalui Manajer Rio, Piers Hunnisett. Namun, belum ada jawaban pasti dari Manor.

“Belum ada kabar dari Manor sampai saat ini. Mungkin baru awal pekan depan. Kami sudah mencoba terus untuk menghubungi Manor lewat Piers,” kata Indah, saat dihubungi bola.com, Sabtu (6/2/2016).

Seperti diketahui, kans Rio bergabung dengan Manor dan mencicipi balapan Formula 1 musim depan terancam gagal terealisasi setelah pemerintah tak berhasil mencairkan dana untuk pembayaran uang muka senilai Rp 49 miliar, pada Jumat (5/2/2016). Padahal kemarin adalah batas waktu pembayaran yang ditetapkan oleh Manor.

Pemerintah beralasan proses birokrasi yang panjang menyebabkan dana untuk Rio belum bisa cair. Padahal, sebenarnya Pertamina sudah siap mengucurkan dana senilai 5,2 juta euro (Rp 79 miliar) dan Kemenpora melalui KONI juga mengucurkan dana senilai Rp 100 miliar untuk membantu Rio.

Indah mengaku sudah menjelaskan situasi itu kepada Manor. Dia juga mengatakan ada kabar terbaru bahwa Pertamina sudah siap mengucurkan dana untuk membayar uang muka tersebut. Masalahnya, dia belum tahu apakah Manor masih mau menerima tawaran tersebut.

“Jadi Pertamina sudah mau mencairkan dana. Tapi cairnya bertahap, jadi kami harus cari dulu pinjaman ke pihak lain dulu. Masalahnya, kami masih menunggu jawaban Manor, apakah mereka masih mau menerima uang muka dari kami atau tidak karena batas waktunya kan sudah lewat. Mereka belum memberi jawaban ya atau tidak,” ujar Indah.

Istri Sinyo Haryanto itu tidak menjelaskan secara detail dari mana mendapatkan uang talangan untuk dibayarkan ke Manor tersebut.

“Sebenarnya Jumat ini malah bukan batas pembayaran untuk termin pertama. Yang deadline termin pertama sudah lama lewat, seharusnya Jumat ini batas untuk termin selanjutnya,” imbuh Indah.

Meskipun kans Rio Haryanto bergabung dengan Manor terancam pupus, Indah belum mau menyerah. Pihaknya akan terus berusaha bernegosiasi dengan Manor melalui Piers. “Semoga Manor masih mau menerima uang muka dengan jalan ini. Kami akan terus berusaha,” ujar Indah.

Video Populer

Foto Populer