Sukses


Mantan Pebalap Nasional Ini Galang Dana Demi Bantu Rio Haryanto

Bola.com, Bandung - Mantan pebalap nasional, Alex Asmasoebrata, mencoba ikut membantu pendanaan Rio Haryanto untuk bisa tampil di Formula 1 semusim penuh. Namun, dia tak mengelontorkan dana besar secara sekaligus.

Alex membantu pebalap Manor itu dengan cara melakukan "Gerakan 5000 untuk Rio Haryanto Pebalap F1". Gerakan itu sebagai bentuk kepedulian terhadap anak Indonesia yang membutuhkan dana cukup besar untuk bisa berkiprah di ajang balap jet darat paling bergengsi di dunia tersebut.

"Kami bangga Rio Haryanto masuk F1. Tetapi sayangnya kehebatan itu tidak ditunjang penuh pemerintah karena ternyata pemerintah masih berpikir biaya Rp 100 milyar tersebut dan harus ke DPR dulu serta lain sebagainya," ujar Alex di Gedung KONI Jawa Barat, Sabtu (20/2/2016).

Karena itu, lanjut Alex, pihaknya membuat acara gerakan 5000 untuk Rio Haryanto demi kelancaran pebalap asal Solo tersebut tampil di ajang F1. "Saya lakukan karena saya yang mengajak ke Formula. Saya juga bilang ke bapakya bawah Rio bagus dan lebih baik dari Andra," jelas Alex.

Dikatakan Alex, gerakan penggalangan dana tersebut baru dijalanani satu hari dan akan berakhir dengan batas waktu yang tidak ditentukan. "Sudah ada yang menyumbang, termasuk orang-orang di lingkungan KONI Jabar ini. Kalau tidak begini Rio bisa gagal tampil di F1 semusim penuh karena dari total dana yang dibutuhkan baru ada 30 persennya. Dana segitu kira-kira hanya bisa ikut tiga race lalu stop dan out," jelas Alex.

Menurut Alex, jika dihitung-hitung dana Rp 225 Miyar yang dibutuhkan Rio Haryanto terbilang kecil karena timbal balik untuk negara Indonesia sangat besar ke seluruh dunia. "Ajang F1 ini ada 170 negara yang melihat pertandingan. Jadi cara murah juga untuk mempromosikan Indonesia," ucap Alex. (Bagas Rahadyan)

Video Populer

Foto Populer