Sukses


Sirkuit Terfavorit dan Tersulit bagi Rio Haryanto

Bola.com, Jakarta - Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, bakal melahap lintasan di 21 sirkuit pada balapan Formula 1 (F1) musim 2016. Sebagian besar sirkuit tersebut telah dijajal pebalap berusia 23 tahun tersebut saat berkiprah di GP2 Series bersama Campos Racing.

Menurut Rio, hampir semua sirkuit memiliki karakteristik berbeda. Meski demikian, putra pasangan Indah Pennywati dan Sinyo Haryanto itu mengaku punya sirkuit favorit. Namun, ada juga yang berat ditaklukkan Rio karena tingkat kesulitannya tinggi.

Rio mengatakan sirkuit favoritnya adalah Silverstone di Inggris. Dia punya alasan khusus kenapa menyukai sirkuit legendaris tersebut. “Saya sangat suka Sirkuit Silverstone. Apalagi saya menang di sana. Jadi tambah suka,” kata Rio, kepada bola.com, beberapa waktu lalu.

Rio pernah mencicipi gelar juara di Silverstone saat berlaga di GP2 pada 5 Juli 2015. Dia melintasi garis finis paling cepat dengan catatan waktu 36 menit 27,949 detik. Posisi kedua dan ketiga pada balapan itu ditempati Rafaelle Marciello (Trident) dan Pierre Gasly (DAMS).

Lalu, apa sirkuit tersulit di mata Rio Haryanto? “Setiap sirkuit punya kesulitan berbeda. Monaco adalah salah satu sirkuit tersulit, sangat narrow, kami tak bisa membikin kesalahan sedikit pun. Kalau bikin kesalahan, mobil akan mengalami kerusakan besar,” kata Rio.

Balapan F1 musim 2016 bakal diawali di Sirkuit Albert Park, Melbourne, pada 18-20 Maret. Adapun seri ke-21 atau yang terakhir berlangsung di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pada 25-27 November.

Ini adalah musim pertama Rio di F1 setelah resmi bergabung dengan Manor Racing pada 18 Februari 2016. Rio dan rekan setimnya Pascal Wehrlein bakal mencoba tampil maksimal dengan mobil Manor MRT05 yang menggunakan mesin pasokan dari Mercedes.

Video Populer

Foto Populer