Sukses


5 Pemain Brasil Penguasa Eropa Musim Ini

Jakarta Brasil sudah terkenal banyak menyumbang pemain-pemain berbakat di sepak bola dunia. Sejak Zico, hingga sekarang Neymar, pemain asal Negeri Samba selalu kuasai Eropa.

Musim ini, kelihaian para pemain Brasil kembali ditunjukkan. Mereka jadi pemain inti pada klubnya masing-masing. Bukan cuma penyerang, beberapa nama muncul jadi pahlawan dari posisi kiper, bek, hingga gelandang.

Setelah beberapa tahun bakatnya terlihat lesu, Brasil dua tahun terakhir kembali sumbang nama-nama terbaik. Nyaris seluruh klub besar Eropa mengandalkan pemain asal Negeri Samba sebagai motor serangan.

Lantas, siapa saja pemain brasil yang kuasai Eropa musim ini? Berikut daftarnya dikutip Sportskeeda:

2 dari 6 halaman

5. Alisson Becker (AS Roma)

Kiper AS Roma, Alisson Becker (AFP/Michael B. Thomas)

Saat semua mata tertuju kepada kiper Manchester City Ederson, bakat Brasil lainnya yang meningkat secara konsisten adalah Alisson Becker. Kiper AS Roma itu tampil jadi pahlawan sepanjang usim ini.

Faktanya, kiper berusia 25 tahun itu telah sukses raih 14 cleansheets di semua kompetisi musim ini. Selain itu, Alisson dianggap sebagai pilihan pertama di bawah bos timnas Brasil, Tite.

Yang membuat Alisson spesial adalah disamping refleks, posisi dan penyelamatannya yang cepat, gerak kakinya cukup bagus. Dia memiliki kualitas untuk menerima bola di bawah tekanan dan memainkan umpan cerdas tanpa main sapu bersih.

3 dari 6 halaman

4. Malcom (Bordeaux)

 Penyerang PSG menggandeng pemain Bordeaux, Malcom. (AFP Photo/Franck Fife)

Ligue 1 terbukti menjadi salah satu tujuan terbaik bagi pemain muda Brazil yang melakukan lompatan ke Eropa. Malcom adalah satu dari beberapa contoh sukses yang mendukung teori ini.

Malcom telah menjadi salah satu pemain terbaik di liga Prancis musim ini di sisi kanan. Dia sangat efisien dalam memanfaatkan ruang, menciptakan peluang dan mencetak gol.

Faktanya, Malcom telah mencetak 7 gol dan mengumpulkan 4 assist di liga musim ini. Banyak klub top Eropa dilaporkan terkait dengan bintang U20 Brasil itu. Bordeaux akan merasa sangat sulit untuk mempertahankan pemain sekalibernya yang terus menjadi lebih baik dan lebih baik setiap minggu.

4 dari 6 halaman

3. Philippe Coutinho (Liverpool)

 Pemain Liverpool, Philippe Coutinho, (AP/Rui Vieira)

Philippe Coutinho adalah salah satu pemain sepak bola yang paling banyak dibicarakan di bursa transfer terakhir karena keterkaitannya dengan Barcelona. Namun, pemilik Liverpool memiliki rencana lain dalam pikirannya, dan mampu mempertahankan Coutinho.

Coutinho sudah membuktikan mengapa keputusan Klopp untuk mempertahankan kepercayaan padanya sangat tepat. Hanya dalam 13 penampilan musim ini, Coutinho telah mencetak gol dalam 9 kesempatan berbeda dan memberikan 6 assist.

Di Liga Champions, pemain berusia 25 tahun itu terlibat dalam tujuh gol The Reds. Tidak heran mengapa Barcelona siap menghabiskan banyak uang untuknya.

5 dari 6 halaman

2. Fernandinho (Manchester City)

 Gelandang Manchester City, Fernandinho (AP/Dave Thompson)

Fernandinho menjadi salah satu pemain paling konsisten di Liga Inggris dalam empat tahun terakhir, meski acap dipandang sebelah mata. Tanpa Fernandinho di jangkar lini tengah, Manchester City tak akan punya keseimbangan seperti saat ini.

Sebagai fakta, Guardiola baru-baru ini mengklaim bahwa Fernandinho adalah salah satu dari tiga gelandang bertahan terbaik di dunia. Memang buktinya, rata-rata Fernandinho berhasil melakukan umpan lebih banyak per game (83,4) dibanding pemain lain di Liga Inggrismusim ini.

Umpan suksesnya yang menyentuh 90% juga merupakan yang terbaik dalam kompetisi. Berbicara defensif, standar rata-rata berusia 33 tahun juga elegan dengan lakukan 1,7 interceptions per laga

6 dari 6 halaman

1. Neymar Jr (Paris Saint Germain)

 Pemain Paris Saint-Germain, Neymar. (AP/Matthias Schrader)

Neymar mengejutkan dunia saat menyelesaikan transfernya dari FC Barcelona ke Paris Saint Germain dengan harga sekitar 250 juta dolar, musim panas lalu. Alih-alih terbeban dengan harganya yang mahal, sang bintang sukses buktikan kualitasnya.

Neymar saat ini membentuk trio menakutkan bersama Kylian Mbappé dan Edinson Cavani. Faktanya, PSG telah mencetak 24 gol di babak penyisihan grup Liga Champions, yang merupakan rekor terbaik sepanjang masa.

Dalam hal statistik individu, Neymar mencetak 15 gol dan mendistribusikan 9 assist. Di Liga Champions, hanya Cristiano Ronaldo yang memiliki lebih banyak keterlibatan gol (10) dibanding Neymar (9).

Dengan kata lain, Neymar bisa saja mematahkan dominasi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo pada beberapa tahun ke depan. Tahun 2018 akan menjadi pembuktian penting buatnya.(Eka Setiawan)

Video Populer

Foto Populer