Sukses


Ditaklukkan Vietnam, Indonesia U-23 Gagal Amankan Medali Perunggu

Bola.com, Kallang - Indonesia U-23 gagal mengamankan medali perunggu SEA Games 2015. Ini setelah Garuda Muda dipermalukan Vietnam 0-5 di Stadion Nasional, Kallang, Singapura, Senin (15/6/2015).

Bermain buruk sepanjang babak pertama, Manahati Lestusen dkk hanya bisa pasrah gawang mereka kebobolan empat gol sepanjang babak pertama.

Vietnam U-23 membuka keunggulan 1-0 di menit ke-14 melalui tendangan penalti Mac Hong Quan. Penalti diberikan setelah tendangan Huy Toan mengenai tangan Hansamu Yama di dalam kotak penalti.

Tujuh menit berselang, giliran Huy Toan mencetak gol sekaligus menggandakan skor menjadi 2-0. Winger lincah ini tanpa kesulitan berarti memperdayai Teguh dengan tendangan kaki kiri ke sudut kanan gawang.

Indonesia U-23 bukannya tanpa peluang. Tapi, peluang yang didapat Muchlis terbuang sia-si karena tendangannya masih masih melebar di samping kiri gawang.

Berawal dari serangan balik gawang Teguh bobol untuk ketiga kalinya di pertandingan ini. Di menit ke-41, Huy Toan mencetak gol keduanya lewat tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti yang meluncur deras ke dalam gawang.

Di masa injury time, Vietnam memperbesar skor menjadi 4-0 melalui Nguyen Huu Dung usai memanfaatkan umpan matang rekan setimnya.

Memasuki babak kedua, Aji coba melakukan perubahan dengan memasukan Syaiful Indra, Yandi Sofyan, dan Ilham Udin Armaiyn. Namun, perubahan itu tidak memberikan perubahan drastis pada performa Indonesia u-23 di babak kedua.

Praktis, tidak ada peluang berbahaya yang dibuat Indonesia U-23 pada 25 menit awal pertandingan. Justru Vietnam hampir saja mengubah skor menjadi 5-0 andai tendangan Cong Phuong usai mengecoh tiga pemain sekaligus tidak terlalu lemah.

Pada menit ke-70, Vietnam U-23 menambah pundi-pundi golnya melalui kapten tim Que Ngoc Hai usai menerima sodoran umpan akrobatik Do Duy Manh dari dalam kotak penalti.

Sebelas menit jelang bubaran, Muchlis Hadi membuang peluang emas untuk mencetak gol begitu saja. Sentuhan pertama yang buruk membuat striker PSM Makassar gagal membuka rekening gol Garuda Muda. Skor 5-0 bertahan hingga akhir.

Dari segi statistik, Indonesia U-23 unggul penguasaan bola dari Vietnam, 52%-48%. Namun, soal urusan melakukan tembakan Garuda Muda inferior karena hanya melakukan tiga tembakan berbanding tujuh tembakan yang dilakukan Vietnam.

Susunan Pemain
Vietnam U-23 (4-3-3)
Minh Long; Pham Manh Hung, Nguyen Minh Tung, Que Ngoc Hai, Nguyen Thanh Hien; Nguyen Huu Dung, Do Duy Manh, Vo Huy Tuan/ Son Tran (75); Nguyen Cong Phuong, Mac Hoc Quan, Tran Phi Son


Indonesia U-23 (5-4-1)
Teguh Amiruddin; Zalnando/ Syaiful Indra (51), Agung Prasetyo, Manahati Lestusen, Hansamu Yama, Abduh Lestaluhu; Ahmad Nufiandani, Zulfiandi/ Yandi Sofyan (58), Adam Alis, Wawan Febriyanto/ Ilham Udin (65); Muchlis Hadi Ning Syaifulloh

Wasit : Al-Kuwari Khamis Mohamed (Qatar)

Video Populer

Foto Populer