Sukses


Stadion Piala Eropa 2016: Stade Geoffroy-Guichard

Bola.com — Stade Geoffroy-Guichard terletak Saint-Etienne, kota yang berada di bagian tenggara Prancis. Berada di antara Toulouse dan Lyon, Saint-Etienne merupakan kota penghubung yang strategis bagi kehidupan masyarakat negara berpenduduk 66 juta jiwa tersebut.

Stadion ini awalnya dibangun pada 1930. Setahun berselang, Stade Geoffroy-Guichard akhirnya diresmikan pada 13 September 1931. Empat hari setelah itu, pertandingan perdana antara AS Saint-Etienne melawan FAC Nice digelar di Stade Geoffroy Guichard.

Nama Stade Geoffroy Guichard diambil dari nama pemiliknya, yakni Geoffroy Guichard. Pada 1936, stadion ini membangun tribune kedua yang dinamai Henri Point.

Pada awalnya, stadion ini memiliki lintasan atletik. Namun, lintasan tersebut dihilangkan pada 1956. Alasannya adalah untuk menjadi salah satu stadion yang lebih ramah pada fans dengan mengadaptasi "gaya Inggris", yakni tidak adanya tribune di tiap-tiap sudut stadion.

Stade Geoffroy Guichard, Saint-Etienne, Prancis. (AFP/Damien Meyer)

Stade Geoffroy-Guichard memiliki empat tribune, antara lain Charles Paret yang terdiri 8,541 kursi, tribune Jean Snella (8,767 kursi), Pierre Faurand (7,993 kursi), termasuk 18 box dan 1200 kursi VIP, serta tribune Henri Point dengan jumlah 10,315 kursi, termasuk 1,200 kursi untuk tim tamu.

Dalam perjalanannya, stadion ini sudah mengalami sejumlah renovasi. Pada awal dibuka, Stade Geoffroy-Guichard hanya berkapasitas 1.300. Renovasi besar-besaran terjadi pada 1984 untuk persiapan Piala Eropa dengan penambahkan kapasitas stadion menjadi 48.274 termasuk 22.200 tempat duduk.

Lalu dalam renovasi pada 1998 untuk persiapan Piala Dunia, jumlah kapasitas kembai ditambah menjadi 35.616 kursi dengan tempat duduk. 

Stade Geoffroy Guichard, Saint-Etienne, Prancis. (AFP/Damien Meyer).

Pada Piala Eropa 1984, Stade Geoffroy Guichard menggelar dua laga, yakni Rumania melawan Spanyol yang berakhir 1-1, lalu Prancis melawan Yugoslavia yang berakhir dengan kemenangan tim tuan rumah, 3-2. Laga tersebut dihadiri oleh 47,589, yang menjadi rekor penonton terbanyak.

Ketika Prancis menjadi tuan rumah Piala Dunia 1998, Stade Geoffroy Guichard kebagian enam jatah pertandingan, dengan rincian lima laga fase grup dan satu laga babak 16 besar.

Pada pagelaran Piala Eropa 2016, Stade Geoffroy Guichard akan menggelar empat laga, di antaranya Portugal melawan Islandia pada 14 Juni, Ceska kontra Kroasia (17 Juni), Slovakia versus Inggris (20 Juni), serta satu pertandingan 16 besar yang akan digelar pada 25 Juni mendatang. 

Profil Stade Geoffroy Guichard (bola.com/Rudi Riana)

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer