Sukses


Petr Cech Gagal Bela Timnas Ceko

Bola.com, London - Kabar buruk menimpa masa persiapan timnas Ceko menuju putaran final Piala Eropa 2016. Kiper utama mereka, Petr Cech, mengalami cedera betis saat membela Arsenal di pentas Premier League.

Seperti dirilis situs resmi Arsenal, mantan kiper Chelsea tersebut harus beristirahat minimal sampai bulan April 2016. Alhasil, tak hanya kehilangan laga bersama Arsenal, Cech juga tak bisa membela timnas Ceko di laga persahabatan internasional.

Armada Pavel Vrba akan bertemu Skotlandia (24/3/2016) dan Swedia (29/3/2016), guna mempersiapkan diri jelang perhelatan Prancis 2016. Terkait Cech, Manajer Arsenal, Arsene Wenger mengakui sebenarnya kondisi Cech tak bugar 100 persen saat bertemu Swansea City.

"Dia sudah bermasalah, tapi yang kutahu Cech sangat profesional sehingga dia memaksakan bertempur. Sekarang, dia menderita cedera serius dan kemungkinan absen minimal empat bulan," sebut Wenger.

Pelatih Timnas Ceko, Pavel Vrba menganggap, cedera yang mendera Cech akan mengganggu masa persiapan anak asuhnya. "Tapi saya yakin dia akan sembuh tepat pada saat perhelatan Piala Eropa 2016. Sekarang, kami akan menjalani laga persahabatan tanpa dia," katanya.

Cech sudah mencatat 119 penampilan bersama timnas Ceko dengan kebobolan 98 partai, serta 49 clean sheets, dengan total waktu bermain 10.244. Rinciannya, ada 38 laga partai persahabatan internasional, kebobolan 37 gol dan 18 partai bersih dari gol lawan.

Pada laga kualifikasi Piala Eropa, Cech sudah melakoni 36 partai, kebobolan 27 gol dan 14 laga dengan status gawang perawan. Sementara dia sudah melakoni 31 laga di kualifikasi Piala Dunia dengan kebobolan 26 gol serta 15 partai tak terjadi gol.

Di ajang yang lebih tinggi, yakni putaran final Euro 2004, Cech mencatat 1 clean sheet dalam 11 partai, dengan 4 kebobolan dalam 1.020 menit penampilan di atas lapangan. Pada Piala Dunia 2006, dia membela timnas sebanyak 3 partai dengan 4 kebobolan dan sekali clean sheets.

Bagi timnas Ceko, kehilangan Cech bisa menjadi masalah besar. Beberapa pengganti kiper berusia 33 tahun tersebut tergolong kurang berpengalaman. Saat ini, ada empat kiper cadangan yang bisa digunakan Pavel Vrba, yakni Tomas Vaclik (FC Basel), Tomas Koubek (Clovan Liberec), Ales Hruska dan Jiri Pavlenka.

Sumber: Sport.cz

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer