Sukses


Lumat Tottenham, Satu Kaki Dortmund di Perempat Final Liga Europa

Bola.com, Dortmund - Borussia Dortmund menang 3-0 atas Tottenham Hotspur pada laga leg pertama 16 besar Liga Europa di Signal Iduna Park, Jumat (11/3/2016) dini hari WIB. Ketiga gol Die Borussen disarangkan Pierre-Emerick Aubameyang (30') dan Marco Reus (61', 70').

Berkat hasil ini, langkah Dortmund lolos ke perempat final Liga Europa terbuka lebar. Skuat asuhan Thomas Tuchel ini hanya butuh hasil imbang saat gantian bertandang ke markas Spurs di Stadion White Hart Lane, 18 Maret 2016, untuk melenggang ke fase selanjutnya.

Bermain di kandang sendiri, Der BVB langsung tancap gas sejak bola digulirkan. Pada menit ke-14, Aubameyang berhasil membobol gawang Tottenham. Sayang, gol tersebut dianulir wasit, karena menilai penyerang asal Gabon itu berada dalam posisi offside saat menyambar bola rebound hasil tendangan Henrikh Mkhitaryan.

Masuk menit ke-30, Pierre-Emerick Aubameyang akhirnya mencatatkan namanya di papan skor sekaligus membawa Borussia Dortmund unggul lebih dulu. Umpan lambung Marcel Schmelzer dari sisi kiri mampu dikonversikan Aubameyang menjadi gol dengan sundulan.

Memimpin lebih dulu membuat Dortmund meningkatkan tempo serangan. Sementara itu, Spurs lebih sering bertahan dengan hanya sesekali melancarkan serangan balik lewat Son Heung-Min dan Christian Eriksen. Namun, hingga turun minum skor 1-0 untuk keunggulan Dortmund tetap bertahan.

Borussia Dortmund mengawali babak kedua dengan baik. Gonzalo Castro memperoleh peluang bagus untuk menggandakan keunggulan Die Borussen pada menit ke-51. Akan tetapi, bola hasil tendangan Castro yang memanfaatkan assist Aubameyang masih menerpa mistar gawang.

10 menit berselang, Marco Reus membobol gawang Spurs. Berawal dari umpan lambung di sisi kiri, bola dapat disambar Neven Subotic dengan sundulan dan mengarah ke Reus. Dengan mudah, gelandang timnas Jerman itu menjaringkan bola ke dalam gawang dengan tembakan kaki kanan.

Reus kembali mengukir namanya di papan skor sekaligus memperbesar keunggulan Die Borussen menjadi 3-0 pada menit ke-70. Bola hasil tembakan kaki kanan Reus yang memanfaatkan umpan lambung Castro gagal dihentikan kiper The Lilywhites, Hugo Lloris.

Tertinggal tiga gol, Tottenham Hotspur masih kesulitan membongkar rapatnya pertahanan Der BVB. Sampai pertandingan berakhir, tidak ada gol tambahan yang tercipta.

Berdasarkan statistik di situs resmi UEFA, sepanjang pertandingan, Borussia Dortmund mencatatkan 64 persen penguasaan bola dan melepaskan 17 tembakan, di mana lima yang mengarah ke gawang. Sementara itu, Tottenham Hotspur hanya memperoleh dua peluang bagus dari tiga kesempatan.

Susunan pemain:
Borussia Dortmund: 1-Roman Weidenfeller; 6-Sven Bender (4-Neven Subotic 58'), 15-Mats Hummels, 26-Lukasz Piszczek, 29-Marcel Schmelzer; 10-Henrikh Mkhitaryan, 11-Marco Reus, 27-Gonzalo Castro, 33-Julian Weigl, 37-Erik Durm; 17-Pierre-Emerick Aubameyang (23-Shinji Kagawa 82').

Manajer: Thomas Tuchel (Jerman)

Tottenham Hotspur: 1-Hugo Lloris; 4-Toby Alderweireld, 16-Kieran Trippier, 27-Kevin Wimmer, 33-Ben Davies; 7-Son Heung-Min (10-Harry Kane 76'), 8-Ryan Mason, 23-Christian Eriksen (11-Erik Lamela 65'), 25-Josh Onomah, 28-Thomas Carroll; 22-Nacer Chadli (19-Mousa Dembele 58').

Wasit: Cuneyt Cakir (Turki)

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer