Sukses


5 Logo Klub Terburuk Sepanjang Sejarah Sepak Bola

Bola.com, Jakarta - Logo merupakan hal paling signifikan bagi klub sepak bola. Ini merefleksikan lambang dan kisah perjalanan klub. Namun, 5 klub ini memiliki logo yang buruk.

 

Logo merupakan lambang atau simbol khusus yang mewakili sebuah perusahaan atau organisasi. Sebuah logo diciptakan sebagai identitas sebuah organisasi atau perusahaan agar membedakan dengan kompetitor.

Dalam dunia sepak bola, logo menjadi hal penting ketika mengikuti sebuah turnamen atau kompetisi. Biasanya, logo erat kaitannya dengan masalah administrasi yang berhubungan dengan sepak bola. Sebuah logo klub sepak bola juga biasanya menggambarkan falsafah perjalanan mereka.

Klub Manchester United memiliki logo setan berwarna merah yang sedang memegang trisula. Hal itu merujuk kepada julukan mereka, yakni Setan Merah. Di atas gambar Setan Merah, terdapat gambar kapal dengan empat layar. Hal itu menggambarkan Kanal Manchester, jalan air yang dibangun untuk membebaskan kota Manchester dari ketergantungan pada pelabuhan Liverpool.

Sejak pertengahan abad ke-19, Manchester tumbuh pesat sebagai kota industri. Populasinya melonjak dari 322.000 jiwa pada 1801 menjadi lebih dari sejuta jiwa dalam 50 tahun. Perkembangan pesat Manchester tidak hanya disokong oleh industri katun Lancashire, tapi juga perkembangan industri manufaktur, mesin, dan tekstil.

1. Napoli

Lima logo klub sepak bola terburuk sepanjang sejarah sepak bola. (Daily Mail)

Napoli memiliki logo bertuliskan huruf N dan lingkaran berwarna biru tua serta muda. Logo ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2006. Dua warna biru dalam lingkaran logo Partenopei dipengaruhi oleh perairan Teluk Napoli.

Napoli memutuskan untuk menghapus segala tulisan dalam logo yang menggambarkan falsafah klub. Namun, hal itu justru membuat logo klub tersebut menjadi terlalu minimalis. Pesan logo juga tak sampai ke publik. Kebanyakan orang tak mengetahui ini merupakan logo Napoli.

Itu karena tak ada tulisan Napoli dan tahun klub terbentuk. Warna logo juga menyatu dengan warna kostum tim. Sehingga, kita hanya bisa melihat tulisan N saja dari kejauhan.

2. Melbourne Victory

Lima logo klub sepak bola terburuk sepanjang sejarah sepak bola. (Daily Mail)

Logo klub asal Australia, Melbourne Victory, terdiri dari tiga warna, yakni biru laut, putih, dan perak. Lambang putih di tengah logo merujuk pada Chevron Putih yang dikenal dengan sebutan 'Big V'. Ini merupakan simbol tradisional yang berarti Victoria atau kemenangan.

Dengan logo V itu, Melbourne Victory berharap menjadi tim yang bisa memimpin dunia sepak bola Australia. Meski demikian, logo 'Big V' tersebut sulit untuk dikenali. Jika dilihat secara sekilas, itu terlihat seperti huruf M dibandingkan dengan V.

3. Hamburg

Lima logo klub sepak bola terburuk sepanjang sejarah sepak bola. (Daily Mail)

Klub asal Jerman, Hamburg, memiliki logo dua wajik berwarna hitam dan putih dengan latar belakang warna biru. Tak ada tulisan klub, tahun berdiri klub, dan motto klub dalam logo tersebut.

Warna latar belakang biru menggambarkan tradisi Kota Hamburg yang terkenal sebagai Kota martim. Namun, tak ada yang tahu arti warna latar belakang biru tersebut. Sama halnya dengan Napoli, orang-orang biasanya tak mengetahui bahwa itu merupakan lambang klub Hamburg jika melihat logonya saja.

4. New York Red Bulls

Lima logo klub sepak bola terburuk sepanjang sejarah sepak bola. (Daily Mail)

Klub asal Amerika Serikat (AS), New York Red Bulls, memiliki logo dua banteng berwarna merah yang sedang menyeruduk bola. Di bawah gambar banteng tersebut, terdapat tulisan New York.

Klub ini dibeli oleh perusahaan minuman berenergi pada tahun 2006. Logo dua banteng merah itu merupakan lambang dari perusahaan tersebut. tetapi logo itu seperti dibuat secara asal-asalan karena kedua kaki dan buntut dari gambar banteng keluar tameng logo.

Selain itu, para pemain yang mengenakan kostum itu terlihat 'murahan' karena logo itu sering dilihat publik di setiap supermarket.

5. Zenit St Petersburg

Lima logo klub sepak bola terburuk sepanjang sejarah sepak bola. (Daily Mail)

Zenit St Petersburg sebelumnya memiliki logo yang bagus, yakni lingkaran yang di dalamnya terdapat tulisan Zenit dengan gaya Rusia. Selain itu, terdapat gambar kapal kuno di atasnya. Itu merupakan referensi untuk armada laut Rusia yang berbasis di kota itu.

Namun, Zenit memutuskan menghilangkan pola lingkaran dan gambar kapal kuno. Logo itu kini hanya berbentuk tulisan Zenit dalam gaya Rusia. Jika dilihat secara sekilas, bentuk itu sama sekali tak seperti logo klub sepak bola.

Selain itu, orang yang melihatnya umumnya tak tahu jika itu adalah logo klub Zenit St Petersburg.

Sumber: Daily Mail

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

 

Video Populer

Foto Populer