Sukses


Suporternya Berbuat Onar, Kroasia Terancam Sanksi UEFA

Bola.com, Saint-Etienne - Pendukung timnas Kroasia berbuat onar di tribun stadion saat menghadapi Republik Ceska pada laga kedua Grup D Piala Eropa 2016. Aksi tak sportif oknum suporter tersebut membuat Kroasia terancam sanksi dari UEFA.

Bermain di Stade Geoffroy-Guichard, Saint-Etienne, Jumat (17/6/2016) malam WIB, Kroasia tampil impresif. Mereka berhasil unggul 2-0 berkat gol Ivan Perisic pada menit ke-37 dan Ivan Rakitic menit ke-59.

Tetapi, Republik Ceska mampu memperkecil ketertinggalan menit ke-76. Umpan matang Tomas Rosicky dikonversikan Milan Skoda menjadi gol dengan sundulan.

Sayang, performa apik Kroasia tercoreng kerusuhan yang dilakukan oleh pendukungnya sendiri. Saat laga memasuki menit ke-86, suporter Kroasia yang berada di tribun belakang gawang Republik Ceska membakar flare.

Tak berhenti sampai di situ, suporter juga melemparkan flare dan petasan ke dalam stadion. Akibatnya, wasit Mark Clattenburg yang memimpin jalannya pertandingan memutuskan untuk menghentikan laga selama beberapa menit.

Salah seorang petugas kemanan yang hendak membersihkan flare dari lapangan mengalami luka usai terkena ledakan petasan. Keributan antar sesama pendukung Kroasia juga sempat terjadi yang mengakibatkan beberapa penonton berhamburan menyelamatkan diri.

Aksi tak sportif tersebut mendapat perhatian serius dari UEFA. Federasi Tertinggi Sepak Bola Eropa itu bakal segera melakukan penyelidikan, dan timnas Kroasia terancam mendapatkan sanksi berat akibat ulah oknum suporternya.

"Proses penyelidikan disipliner akan dibuka besok setelah UEFA menerima laporan resmi dari delegasi pertandingan dan wasit. UEFA mengecam keras tindakan seperti itu," bunyi pernyataan UEFA seperti dilansir Sky Sports.

Kerusuhan yang dilakukan oleh suporter berdampak buruk buat Kroasia. Kemenangan The Blazers yang sudah di depan mata harus buyar setelah Republik Ceska menyamakan kedudukan pada menit ke-89. Eksekusi penalti Tomas Necid melesat mulus masuk ke dalam gawang Kroasia.

Hasil imbang tersebut membuat Kroasia untuk sementara berada di puncak Grup D dengan nilai empat. Sedangkan Republik Ceska menempati posisi tiga dengan mendulang satu poin.

Dalam pertandingan terakhir Piala Eropa 2016, Kroasia akan bersua Spanyol di Stade Matmut-Atlantique, 22 Juni 2016. Sementara itu, Ceska menantang Turki di Stade Bollaert-Delelis, pada hari dan jam yang sama.

Sumber: Sky Sports

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer