Sukses


10 Pesepak Bola yang Kembali ke Pelukan Klub Lama

Bola.com - Manchester United kian gencar memburu tanda tangan gelandang Juventus, Paul Pogba. Jika transfer tersebut berjalan lancar, Pogba bakal kembali berseragam MU, klub yang pernah dibelanya pada musim 2011-2012.

The Red Devils berusaha menebus Pogba dari Juventus dengan harga mencengangkan. Bahkan, banderol penggawa timnas Prancis itu bisa memecahkan rekor transfer Gareth Bale dari Tottenham Hotspur ke Real Madrid pada 1 September 2013

Manchester United dikabarkan bersedia menggelontorkan uang sebesar 120 juta euro atau setara dengan Rp 1,72 triliun, untuk membawa Paul Pogba ke Old Trafford pada bursa transfer awal musim ini.

Harga tersebut menjadi nilai yang sangat mahal bagi Setan Merah untuk membeli seorang pemain. Padahal, MU melepas Pogba ke Juventus 3 Juli 2012 secara cuma-cuma, setelah si pemain menolak memperpanjang kontraknya.

Pemain bernama lengkap Paul Labile Pogba tersebut pergi karena kecewa dengan manajer Manchester United saat itu, Sir Alex Ferguson. Fergie lebih memilih meminta Paul Scholes kembali dari masa pensiun ketimbang memberinya kesempatan tampil bersama MU.

Kisah hampir serupa pernah terjadi sebelumnya. Beberapa pesepak bola memutuskan untuk menerima tawaran dari klub lamanya.

Berikut ini 10 pemain yang kembali ke pelukan mantan klub:

2 dari 11 halaman

1

Didier Drogba

Didier Drogba merupakan salah satu legenda Chelsea. Pemain asal Pantai Gading ini bergabung dengan The Blues pada 2004 dari klub Prancis, Marseille. Drogba bertahan di Chelsea hingga tahun 2012 dan turut mempersembahkan tiga trofi Premier League dan gelar Liga Champions.

Hengkang dari The Blues, Drogba berpetualang ke China dan bergabung bersama Shanghai Shenhua. Pada awal tahun 2013, Drogba kembali ke Eropa untuk membela Galatasaray.

Didier Drogba membuat kejutan ketika memutuskan kembali ke Stamford Bridge pada Juli 2014. Pada musim 2014-2015, Drogba tampil dalam 40 pertandingan dan menyumbang tujuh gol, serta mempersembahkan trofi Premier League untuk kali keempat buat The Blues.

3 dari 11 halaman

2

Nemanja Matic

Nemanja Matic bergabung bersama Chelsea pada awal musim 2009-2010 dari klub Slovakia, Kosice. Matic dibeli dengan harga 1,5 juta poundsterling (Rp 25,87 miliar) dengan kontrak selama empat musim.

Tidak kunjung mendapat tempat utama dan sempat dipinjamkan ke Vitesse Arnhem, Chelsea memutuskan untuk melego Matic ke Benfica sebagai bagian dari transfer David Luiz.

Jorge Jesus yang saat itu menangani Benfica, melihat potensi Matic sebagai gelandang bertahan. Matic pun menjadi satu di antara gelandang bertahan paling solid di Eropa. Performa bagus pemain asal Serbia ini kembali menarik minat Chelsea. Pada Januari 2014, The Blues menebusnya kembali dari Benfica dengan harga 21 juta poundsterling (Rp 362,3 miliar).

4 dari 11 halaman

3

Thierry Henry

Thierry Henry diboyong oleh Arsenal dari Juventus pada 1999. Pemain asal Prancis tersebut bermain selama delapan musim untuk The Gunners dan mempersembahkan dua trofi Premier League dan tiga gelar Piala FA.

Penyerang yang sukses mencetak 226 gol dari 369 bersama Arsenal tersebut memilih hengkang dan gabung ke Barcelona pada 25 Juni 2007. Henry kemudian pergi dari Barca dan melanjutkan kariernya bersama klub Major League Soccer (MLS), New York Red Bulls, pada Juli 2010.  

Saat bermain untuk New York Red Bulls, Henry menerima tawaran dari Arsene Wenger untuk kembali ke Arsenal dengan status pinjaman selama dua bulan. Henry menggantikan peran Gervinho dan Marouane Chamakh yang membela negaranya pada Piala Afrika 2012. Henry tampil pada tujuh pertandingan dan mencetak dua gol sebelum kembali ke Amerika Serikat.

5 dari 11 halaman

4

Robbie Fowler

Robbie Fowler memulai karier sepak bolanya bersama Liverpool. Dia menembus tim utama pada 1993 dan bertahan hingga 2001, sebelum akhirnya bergabung bersama Leeds United. Meskipun sudah pindah klub, kecintaan Fowler kepada The Reds tidak pernah hilang.

Pada Januari 2006, Fowler kembali ke Anfield dengan status bebas transfer dari Manchester City. Pemain yang dipanggil 'God' oleh para suporter Liverpool ini bertahan hingga Juni 2007. Fowler mencatatkan 369 penampilan dan membuat 183 gol selama dua periode membela The Reds.

6 dari 11 halaman

5

Teddy Sheringham

Teddy Sheringham merupakan satu di antara striker terbaik yang pernah dimiliki Inggris. Nama Sheringham mulai diperhitungkan ketika dia membela Tottenham Hotspur pada periode 1992 hingga 1997.

Ketajaman Sheringham menarik minat Manchester United yang memboyongnya pada awal musim 1997-1998. Bersama Ole Gunnar Solskjaer, Sheringham menjadi penentu kemenangan Manchester United atas Bayern Munchen pada final Liga Champions 1999.

Empat musim berada di Old Trafford, Sheringham memutuskan kembali membela The Lilywhites dengan status bebas transfer pada musim 2001-2002. Pada periode keduanya di White Hart Lane, striker veteran ini tampil sebanyak 80 pertandingan dan menyumbang 26 gol.

7 dari 11 halaman

6

Gerard Pique

Gerard Pique yang masih membela akademi sepak bola Barcelona, La Masia menerima tawaran Manchester United pada 2004 ketika masih berusia 17 tahun. Dia menandatangani kontrak berdurasi empat tahun bersama The Red Devils.

Pique menjadi bagian skuat MU ketika menjuarai Liga Champions 2007-2008. Setelah kontraknya usai pada musim tersebut, Pique memutuskan angkat kaki dan kembali ke Barca di bawah asuhan Pep Guardiola. Dia pun menjadi satu di antara pemain utama Barcelona hingga saat ini.

8 dari 11 halaman

7

Cesc Fabregas

Cesc Fabregas bergabung ke akademi Arsenal saat masih berusia 16 tahun pada 2003. Kecilnya peluang untuk menembus skuat utama El Barca menjadi alasan utama Fabregas pindah ke Inggris.

Penampilan bagus Fabregas bersama akademi membuat Arsene Wenger memanggilnya ke tim senior. Sepeninggal Patrick Vieira yang hengkang ke Juventus pada 2005, Fabregas menjelma menjadi jenderal di lini tengah The Gunners.

Pada musim 2008-2009, Fabregas ditunjuk untuk menjadi kapten baru Arsenal. Penampilan apik Fabregas membuat Barcelona ngebet untuk membawanya kembali ke Camp Nou. Keinginan Barcelona terwujud pada 2011. Fabregas kembali ke skuat Catalan dengan nilai transfer yang mencapai 34 juta euro (Rp 489,42 miliar).

9 dari 11 halaman

8

Carlos Tevez

Carlos Tevez merupakan produk dari akademi Boca Juniors. Dia menembus tim utama Boca pada usia 16 tahun. Tampil impresif membuat Tevez dinilai sebagai penerus Diego Maradona. Pada Januari 2005, Tevez hengkang ke Corinthians dengan nilai transfer yang diperkirakan mencapai 22 juta dolar AS (Rp 288,75 miliar).

Tevez melanjutkan kariernya ke Eropa dengan bergabung bersama West Ham United, Manchester United, Manchester City, dan Juventus. Pada Juni 2015, Tevez memutuskan untuk kembali ke Boca Juniors agar bisa mewujudkan impiannya menjuarai Liga Argentina.

10 dari 11 halaman

9

Alvaro Morata

Real Madrid mengikuti jejak rivalnya, Barcelona, dengan menyertakan klausul pembelian kembali kepada bintang mudanya yang hengkang ke klub lain. Pada 2014, Los Blancos bersedia menjual Alvaro Morata ke Juventus dengan harga 20 juta euro (Rp 287,97 miliar).

Morata yang tampil bagus bersama I Bianconeri, membuat manajemen El Real tertarik menariknya kembali ke Santiago Bernabeu. Los Blancos mengeluarkan dana sebesar 30 juta euro (Rp 431,96 miliar) untuk menebus Morata.

Tawaran ini tidak bisa ditolak oleh Juventus karena terdapat klausul pembelian kembali dalam kontrak Morata. Juve pun harus merelakan kepergiannya dan kini tengah mencari striker baru.

11 dari 11 halaman

10

Mario Gotze

Mario Gotze merupakan satu di antara pemain andalan Borussia Dortmund di era kepelatihan Jurgen Klopp. Sebagai produk asli Dortmund, Gotze menjadi pemain idola bagi para suporter.

Bersama Marco Reus dan Robert Lewandowski, playmaker ini menjadi tokoh utama dalam keberhasilan Die Borussen mengamankan gelar Bundesliga 2010-2011 dan 2011-2012.

Pada 2013, gelandang timnas Jerman ini memilih gabung bersama Bayern Munchen dengan nilai transfer 37 juta euro (Rp 532,75 miliar). Keputusan Gotze tersebut membuat pendukung Die Borussen murka. 

Namun pada bursa transfer awal musim ini, Gotze kembali ke Dortmund setelah tidak mendapat jaminan sebagai starter bersama Die Bayern. Pemain berusia 24 tahun ini dibeli kembali oleh Dortmund dengan harga 26 juta euro (Rp 374,36 miliar).

Sumber: Berbagai Sumber

  • Paul Pogba kini menyandang status sebagai Pemain Termahal di Dunia setelah dibeli Manchester United dengan harga 105 juta Euro.
    Paul Pogba kini menyandang status sebagai Pemain Termahal di Dunia setelah dibeli Manchester United dengan harga 105 juta Euro.
    Paul Pogba kini menyandang status sebagai Pemain Termahal di Dunia setelah dibeli Manchester United dengan harga 105 juta Euro.

    Paul Pogba

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern

    Manchester United

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça
    Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol

    Barcelona

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.
    Juventus adalah klub sepakbola asal Italia

    Juventus

  • Trivia Dunia

Video Populer

Foto Populer