Sukses


4 Kegagalan Transfer yang Melibatkan Pemain Terkenal

Bola.com, Jakarta - Berita transfer selalu ditunggu para pencinta sepak bola. Akan tetapi, tidak semua transfer bisa berakhir dengan baik, karena berbagai alasan.

David de Gea menjadi salah satu pemain yang gagal pindah karena alasan unik. Pada musim panas tahun lalu, Manchester United dan Real Madrid menyepakati transfer sang pemain beberapa jam jelang ditutupnya bursa transfer 2015.

Akan tetapi, hingga transfer musim panas 2015 ditutup, kedua klub tidak mengonfirmasi kepindahan De Gea. Ternyata, dokumen transfer De Gea telah diberikan kepada otoritas transfer pemain FIFA.

Selain De Gea, ada beberapa pemain lain yang gagal pindah karena berbagai alasan. Berikut ini adalah tiga kegagalan transfer pemain beken versi Bola.com:

2 dari 4 halaman

2. Robert Lewandowski

Robert Lewandowski gagal ke Blackburn Rovers

Sebelum menjadi salah satu penyerang terbaik di Eropa, Robert Lewandowski, sempat dikejar Blackburn Rovers yang saat itu masih bermain di Premier League, pada tahun 2010.

Lewandowski yang saat itu masih berusia 21 tahun dan bermain untuk klub Polandia, Lech Poznan, dibanderol 4 juta euro oleh klub yang bermarkas di Ewood Park ini, dan berencana akan langsung terbang ke sana segera setelah nominal transfer ditetapkan. Dia kemudian terbang ke Blackburn pada tanggal 17 April 2010.

Tapi, kabut asap dari gunung berapi dari Islandia membatalkan penerbangannya, dan negosiasi tersebut akhirnya tidak pernah terjadi. Lewandowski kemudian bergabung dengan Borussia Dortmund pada Juni 2010.

Pelatih Blackburn waktu itu yang sekarang menjadi pelatih timnas Inggris, Sam Allardyce, mengaku bahwa sangat disayangkan situasi keuangan The Rovers tidak mengizinkannya untuk mendapatkan pemain yang sangat dia idamkan tersebut.

"Itu benar, saya sampai menekankan ke staf perekrutan tim untuk segera mendapatkan tanda tangannya," ujar pelatih yang dijuluki Big Sam tersebut.

"Tetapi, dewan klub mengatakan bahwa mereka tidak akan mengeluarkan nominal tersebut. Sangat disayangkan karena saya sudah melihat bagaimana dia bermain, meski tidak pernah bertemu dengannya secara langsung," tambahnya.

3 dari 4 halaman

3. Steven Gerrard

Steven Gerrard gagal ke Chelsea

Steven Gerrard hampir bergabung ke Chelsea pada musim panas 2005. Hal itu hanya terjadi satu atau dua bulan setelah Gerrard membawa Liverpool menjuarai Liga Champions.

Chelsea berkeinginan untuk mendapatkan tanda tangan Gerrard yang waktu itu berusia 25 tahun dengan nominal transfer mencapai 30 juta euro. Namun, ancaman yang diterima keluarga Gerrard terkait transfer tersebut membuat Gerrard memutuskan bertahan di Merseyside.

"Dia adalah simbol klub, dan jika dia pergi, ini akan menjadi kali pertama Liverpool kehilangan pemain mereka ke sesama klub Inggris," jelas editor sebuah surat kabar di Liverpool, Gareth Roberts, saat menjelaskan alasan munculnya ancaman tersebut oleh fans.

4 dari 4 halaman

4. Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic gagal ke Arsenal

Pada umur 16 tahun, Zlatan Ibrahimovic diundang ke Arsenal pada tahun 2000 untuk menjalani uji coba. Saat itu, Ibrahimovic langsung diawasi Arsene Wenger.

Menariknya, Ibrahimovic menolak tawaran tersebut dan berkata, "Ibrahimovic tidak pernah melakukan audisi."

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer