Sukses


7 Talenta Belia Termahal di Dunia

Bola.com, Jakarta - Bursa transfer pemain sering menghadirkan kejutan. Terkadang, banyak klub raksasa rela menggelontorkan dana besar untuk memboyong para pemain yang belum genap berusia 20 tahun. Padahal, para pemain seusia itu umumnya belum matang secara permainan.

Para pesepak bola umumnya baru mencapai masa keemasan saat berusia 25 hingga 30 tahun. Itu karena mereka baru bisa menggunakan seluruh kemampuan fisik, ketrampilan, dan emosi secara optimal.

Para pemain yang berusia diatas 30 tahun memang secara emosi lebih matang. Namun, kemampuan fisiknya sudah tak lagi mumpuni untuk bermain di level atas. Sementara itu, para pemain di bawah usia 25 tahun umumnya memiliki kondisi fisik yang bagus. Tetapi, pengendalian emosi masih agak kurang.

Pada tahun 2001, AS Roma memulai tren memboyong pemain muda di bawah usia 20 tahun dengan mendatangkan Antonio Cassano yang masih berusia 19 tahun dari Bari. Harga Cassano pada saat itu mencapai angka 20 juta poundsterling (Rp 350,04 miliar).

Harga ini membuat banyak pihak mengernyitkan dahi karena kualitas Cassano belum terbukti. Pada perkembangannya, sang pemain menunjukkan kalau dirinya adalah pemain bengal dan sulit diatur. Roma pun melepasnya ke Real Madrid pada tahun 2006.

Pada tahun 2016, tren merekrut pemain berusia 20 tahun dengan harga fantastis kembali terjadi saat Manchester City memboyong Gabriel Jesus dari Palmeiras dengan harga mencapai 27 juga poundsterling (Rp 473,05 miliar). Banderol ini menjadikan Jesus sebagai satu di antara pemain berusia di bawah 20 tahun termahal di dunia.

Berikut 7 pemain berusia di bawah 20 tahun dengan nilai transfer termahal:

2 dari 8 halaman

7

Javier Saviola - £25 juta
Seperti tradisi umum di lingkungan sepak bola Argentina yang sering menyebut pemain bertalenta sebagai 'The Next Maradona', Javier Saviola juga mendapat sebutan demikian setelah penampilan yang menawan bersama River Plate. Pada tahun 2001, Saviola yang belum genap berusia 20 tahun menerima tawaran untuk pindah ke Barcelona.

Blaugrana menebus Saviola dengan nilai 25 juta poundsterling (Rp 438 miliar). Harga ini melampaui harga Antonio Cassano yang dibeli AS Roma dari Bari pada tahun yang sama. Saviola menunjukkan penampilan yang menjanjikan bersama Barcelona pada musim perdananya dengan menyumbang 21 gol dari 48 pertandingan. Namun pergantian pelatih dari Carles Rexach ke Louis van Gaal lalu Radomir Antic hingga akhirnya Frank Rijkaard membuat Saviola kehilangan posisi di tim utama. Penyerang Argentina ini pun terbuang dan dipinjamkan ke beberapa klub seperti AS Monaco dan Sevilla.

Setelah kontraknya bersama Barcelona habis, Saviola kembali membuat cerita dengan bergabung ke Real Madrid.

3 dari 8 halaman

6

Wayne Rooney (£26 juta)
Wayne Rooney menjadi tajuk utama pemberitaan media di Inggris ketika mencetak gol yang mengakhiri rentetan 30 laga tanpa kekalahan milik Arsenal. Saat itu ia belum genap berusia 17 tahun. Perselisihan yang terjadi antara dirinya dengan David Moyes membuat Rooney ingin hengkang dari Everton pada tahun 2004. The Toffees menolak tawaran 20 juta poundsterling (Rp 350,04 miliar) dari Newcastle agar membuat Rooney tetap bertahan di Goodison Park.

Namun perselisihan memanas dan Manchester United mengambil kesempatan dengan melempar tawaran sebesar 26 juta poundsterling (Rp 455,52 miliar). Tawaran ini diterima Everton dan Rooney yang saat itu masih berusia 19 tahun, hengkang ke Old Trafford untuk menjadi satu di antara pemain legendaris The Red Devils.

4 dari 8 halaman

5

Gabriel Jesus (£27 juta)
Nama Gabriel Jesus mulai dilirik setelah tampil menawan bersama Palmeiras. Pemuda yang saat ini sedang membela Brasil di ajang Olimpiade, membuat 19 gol dari 30 pertandingan pada musim kemarin. Ketajaman Jesus membuat Barcelona tertarik untuk merekrutnya.

Keinginan Barcelona mendapat tandingan dari Real Madrid. Namun pada akhirnya, sang pemain memilih untuk bergabung dengan Manchester City dengan nilai transfer sebesar 27 juta poundsterling (Rp 473,05). Sosok Pep Guardiola dan ketatnya kompetisi di Premier League menjadi faktor utama Jesus untuk bergabung ke The Citizens.

5 dari 8 halaman

4

Renato Sanches (£27.5 juta)
Renato Sanches baru berusia 19 tahun pada Agustus 2016, namun ia sudah memperlihatkan kebintangannya ketika masih bermain untuk tim akademi Benfica. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini mempunyai tipe pekerja keras dengan didukung teknik dribel yang tinggi. Manchester United terang-terangan menjadikan Sanches sebagai buruan utama.

Tetapi Bayern Munchen mendahului United dan mengamankan tanda tangan Sanches pada Mei 2016. Bayern membeli Sanches dengan harga 27,5 juta poundsterling (Rp 481,81 miliar) dengan durasi kontrak selama lima tahun. Harga tersebut bisa meningkat tergantung dari pencapaian yang diraih Sanches bersama Bayern. Sanches menjadi pemain termahal keempat yang pernah dibeli Bayern setelah Javi Martinez, Mario Gotze dan Arturo Vidal.

6 dari 8 halaman

3

Lucas Moura (£28 juta)
Lima hari sebelum Lucas Moura genap berusia 20 tahun pada Agustus 2012, Paris Saint-Germain mengamankan tanda tangannya setelah menggelontorkan dana sebesar 28 juta poundsterling (Rp 490 miliar) yang disetorkan kepada Sao Paulo.

Saat itu, Moura yang juga menjadi incaran Manchester United dan Inter Milan tidak langsung pindah ke PSG karena menunggu musim kompetisi di Brasil selesai. Moura baru kembali ke Paris pada Januari 2013.

7 dari 8 halaman

2

Luke Shaw (£31 juta)
Luke Shaw bergabung dengan Southampton ketika masih berusia delapan tahun. Pada usia 16 tahun, Shaw tampil untuk tim senior pada pertandingan Piala FA menghadapi Millwall. Shaw menjadi bagian tim reguler ketika masih berusia 18 tahun. Penampilan yang memikat membuat Chelsea tertarik untuk merekrutnya.

Namun harga yang terlalu tinggi mengurungkan minat The Blues, kesempatan ini diambil Manchester United yang menyanggupi nilai transfer sebesar 31 juta poundsterling (Rp 543,13 miliar). Shaw pun menjadi bagian dari United sejak tahun 2014.

8 dari 8 halaman

1

Anthony Martial (£36 juta)
Pilihan Manchester United untuk merekrut Anthony Martial dengan harga 36 juta poundsterling (Rp 630,73) dari AS Monaco pada awal musim 2015-16 mengundang banyak tanda tanya. Pemain Prancis yang saat itu masih berusia 19 tahun belum menunjukkan tanda-tanda kebintangannya. Dua musim membela Monaco, Martial hanya mencetak 11 gol dari 46 penampilan di Ligue 1.

Perjudian Manchester United berjalan positif ketika Martial bisa beradaptasi dengan cepat di Inggris. Pada musim perdanya bersama The Red Devils, Martial mampu mencetak 11 gol dari 31 penampilan di Premier League. Martial pun kini mampu bermain melebar dengan mengemban posisi winger kiri.

Sumber: Sky Sports

Video Populer

Foto Populer