Sukses


UEFA Segera Bahas Format Baru Liga Champions

Bola.com, Nyon - Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) terus mengadakan diskusi dengan perwakilan klub-klub Eropa untuk menggodok usulan format baru Liga Champions. Jika disepakati oleh anggota UEFA, perubahan ini bakal diterapkan pada periode 2018 hingga 2021. 

UEFA saat ini tengah was-was karena adanya ancaman dari klub-klub elit Eropa untuk membentuk kompetisi mandiri yang bernama European Super League. Hal ini dipicu karena kecilnya pembagian hak siar yang diterima para klub peserta Liga Champions.

Sebagai perbandingan, Real Madrid yang berstatus sebagai juara Liga Champions 2015-2016 mengantongi uang sebesar 81 juta poundsterling (Rp 1,42 triliun) dari pembagian hak siar.

Sementara itu, klub yang menempati peringkat terakhir pada Premier League musim ini berpotensi mendapatkan 97 juta poundsterling (Rp 1,7 triliun) dari hak siar. Faktor inilah yang membuat beberapa klub Eropa menggagas adanya kompetisi tandingan yang bisa memberikan mereka keuntungan lebih banyak.

Sikap cepat tanggap UEFA mendapat apresiasi dari klub-klub yang bersedia untuk berdiskusi. UEFA menyatakan akan segera mengumumkan perubahan format di Liga Champions pada Jumat (26/8/2016).

Italia disebut akan mendapatkan keuntungan terbesar karena bisa mengirimkan empat wakil yang langsung tampil pada fase grup. Sebelumnya, Italia hanya mempunyai dua wakil yang lolos ke fase grup.

Sedangkan klub-klub dari Spanyol, Inggris, dan Jerman akan mendapat empat tiket lolos langsung ke fase grup dengan menghilangkan tiket babak play off. Format baru ini bisa berjalan jika disahkan sebelum pemilihan presiden baru UEFA yang akan berlangsung pada 14 September 2016.

Usulan Format Baru Liga Champions:
1. Tidak ada tiket babak play off untuk klub yang berasal dari Inggris, Spanyol, dan Jerman. Klub perigkat keempat akan langsung lolos ke fase grup.

2. Klub yang peringkat liga domestiknya berada di urutan empat besar akan mendapatkan proporsi uang hadiah yang lebih besar.

3. Serie A mendapat jatah empat klub yang lolos langsung ke fase grup.

4. Beberapa pertandingan Liga Champions akan dilaksanakan pada hari Sabtu.

Sumber: Daily Mail

  • Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa
    Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa
    Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa

    Liga Champions

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça
    Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol

    Barcelona

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.
    Juventus adalah klub sepakbola asal Italia

    Juventus

  • Manchester City sukses mengganggu dominasi Manchester United dalam beberapa musim belakangan karena akusisi yang dilakukan oleh Sheikh Manso
    Manchester City menjadi salah satu klub elite Liga Inggris dalam 1 dekade terakhir
    Manchester City sukses mengganggu dominasi Manchester United dalam beberapa musim belakangan karena akusisi yang dilakukan oleh Sheikh Manso

    Manchester City

Video Populer

Foto Populer