Sukses


Premier League Cetak Rekor, Ligue 1 Jadi yang Terhemat

Bola.com, Jakarta - Premier League terpilih sebagai kompetisi yang paling boros pada bursa transfer musim panas 2016-2017. Kompetisi teratas di negara Ratu Elizabeth II itu bahkan mencatatkan rekor baru di bursa transfer musim panas.

Klub-klub asal Premier League jika diakumulasikan menghabiskan dana sebesar 1,1 triliun poundsterling (Rp 129 triliun) di bursa transfer awal musim 2016-2017. Pengeluaran terbesar ada pada transfer Paul Pogba ke MU, John Stones ke Manchester City, dan Granit Xhaka ke Arsenal.

Manchester City menjadi klub yang paling boros. Manchester Biru memboyong 7 pemain baru yakni Ilkay Gundogan, Nolito, Oleksandr Zinchenko, Leroy Sane, Marlos Moreno, John Stones, dan Claudio Bravo.

Setelah PremierLeague, ada Serie A yang menjadi kompetisi terboros kedua di Eropa. Kompetisi negara Menara Pisa itu mencatatkan nilai transaksi sebesar 699,9 juta euro atau setara Rp 10,3 triliun di bursa transfer musim panas ini. Juventus terpilih sebagai klub terboros di Serie A dengan membelanjakan 162,50 juta euro atau setara Rp 2,4 triliun untuk memboyong lima pemain baru.

Dari jumlah tersebut, setengahnya dikeluarkan oleh Bianconeri untuk memboyong Gonzalo Higuain dari Napoli. Klub asal Turin membayar 90 juta euro atau setara Rp 1,3 triliun untuk mengamankan jasa bomber asal Argentina itu.

Pada urutan ketiga ada Bundesliga yang mencatatkan transaksi sebesar 543 juta euro atau setara Rp 8 triliun. Borussia Dortmund menjadi klub yang paling aktif di bursa transfer dengan menghabiskan 109,75 juta euro atau setara Rp 1,6 triliun.

Jumlah tersebut dikeluarkan Die Borussen untuk memboyong pemain delapan anyar. Antara ain Andre Schurrle, Mario Gotze, Ousmane Dembele, Raphael Guerreiro, Sebastian Rode, Marc Bartra, Emre Mor, Mikel Merino, dan Dzenis Burnic.

Sementara itu, La Liga berada di urutan keempat sebagai kompetisi terboros di Eropa dengan mencatatkan nilai belanja sebesar 460 juta euro atau setara Rp 6,8 triliun. Barcelona menjadi klub yang paling boros di Spanyol musim ini dengan mengeluarkan 122,75 juta euro.

Jumlah tersebut dibelanjakan Los Cules untuk memboyong enam pemain anyar seperti Andre Gomes, Paco Alcacer, Samuel Untiti, Lucas Digne, Jasper Cillessen, dan Denis Suarez. Sedangkan Real Madrid hanya membelanjakan 30 juta euro atau setara Rp 443 miliar untuk mendatangkan Alvaro Morata.

Untuk predikat kompetisi terhemat di antara 5 klub elit Eropa dimiliki oleh Ligue 1. Kompetisi teratas Prancis itu mencatatkan pengeluaran sebesar 196,11 juta euro atau setara Rp 2,9 triliun.

Paris Saint-Germain jadi klub Ligue 1 terboros dengan mengeluarkan 75,60 juta euro atau setara Rp 1,1 triliun untuk mengamankan jasa Grzegorz Krychowiak, Jese, Giovani Lo Celso, Thomas Meunier.

Sumber: Transfermarkt

Video Populer

Foto Populer