Sukses


Trisula Cetak 4 gol, Prancis Bekuk Bulgaria

Bola.com, Jakarta Prancis menekuk Bulgaria dengan skor 4-1 pada laga lanjutan Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2018, di Stadion Stade de France, Jumat (7/10/2016) atau Sabtu (8/10/2016) dini hari WIB. Trisula Les Bleus memborong gol kemenangan.

Bomber Kevin Gameiro mencetak dua gol pada menit ke-23 dan 59', Dimitri Payet (26') dan Antoine Griezmann (38'). Tim tamu merobek jala Prancis pada menit ke-6 melalui penalti Mihail Aleksandrov.

Hasil tersebut membuat Prancis berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup A, dengan nilai 4. Koleksi angka tersebut sama dengan yang diraih sang pemuncak, Belanda, namun Tim Ayam Jantan kalah dalam produktivitas gol.

Pada pertandingan tersebut, Prancis turun dengan formasi agresif 4-3-3-. Kuartet bek di depan kiper Hugo Lloris diisi Laurent Koscielny, Raphaƫl Varane, Layvin Kurzawa dan Bacary Sagna. Area tengah menjadi tanggung jawab Blaise Matuidi, Paul Pogba dan Moussa Sissoko.

Sementara trio Antoine Griezmann, Kevin Gameiro dan Dimitri Payet, saling berbagi tugas mengisi posisi target man. Tim tamu bermain dengan mengandalkan formasi seimbang 4-4-2.

Bulgaria menurunkan kiper Vladislav Stojanov dan empat bek, yakni Dimitar Pirgov, Aleksandar Aleksandrov, Zhivko Milanov dan Strahil Popov. Posisi gelandang ditempati Svetoslav Dyakov, Georgi Kostadinov, Georgi Milanov dan Mihail Aleksandrov. Duet Ivelin Popov dan Marcelinho, mendapat tugas sebagai penggempur.

Berkat formasi seimbang tersebut, Bulgaria mampu tampil dominan pada awal-awal pertandingan. Hasilnya terlihat pada menit ke-6. Secara mengejutkan tim tamu unggul terlebih dulu via sepakan penalti Mihail Aleksandrov.

Hukuman penalti diberikan setelah bek kanan Prancis, Bacary Sagna melanggar Georgi Milanov di kotak terlarang. Tanpa kesulitan, Aleksandrov menaklukkan Hugo Lloris.

Prancis merespon positif dengan melakukan serangkaian gempuran dengan variasi serangan. Seluruh komponen tim bergerak, termasuk dua full-back yang lebih sering berada di daerah pertahanan lawan.

Usaha membalas gol terealisasi pada menit ke-23. Sagna membayar kesalahan dengan mengirim umpan silang brilian ke arah Gameiro. Sang striker sukses menyambut umpan tersebut dengan sundulan yang tak sanggup ditahan kiper Bulgaria, Vladislav Stojanov.

Tuan rumah menggandakan keunggulan tiga menit berselang melalui Dimitri Payet. Prancis terus mendominasi pertandingan. Hasilnya, sebelum babak pertama selesai mereka unggul 3-1.

Gol ketiga lahir pada menit ke-38 setelah Antoine Griezmann memanfaatkan kesalahan Dimitar Pirgov. Bomber asal klub Atletico Madrid tersebut mampu meneruskan kesempatan tersebut dengan mengirim bola ke pojok bawah gawang lawan.

Usai rehat, Prancis mendapat kesempatan menambah gol saat bek Laurent Koscielny sudah berada di tempat yang tepat untuk menyambut umpan. Sayang, sundulan bek asal Arsenal tersebut tak bisa maksimal, sehingga gagal menambah keunggulan.

Terus menekan, Prancis kembali menambah skor melalui Kevin Gameiro pada menit ke-59. Full-back Layvin Kurzawa menjadi kreator. Ia bekerja keras membuka pertahanan lawan, sebelum mengirim umpan ke Griezmann. Nama terakhir memberikan umpan matang pada Gameiro, yang meneruskan si kulit bundar ke dalam gawang Bulgaria.

Unggul 4-1, Prancis tak mengendurkan serangan. Beberapa peluang berhasil mereka buat melalui Moussa Sissoko dan sepakang Blaise Matuidi yang mengenai tiang gawang. Sampai akhir pertandingan, skor tetap tak berubah.

Sumber: FIFA

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer