Sukses


Foto: 5 Bintang Juventus Era 90an yang Kini Jadi Pelatih Top

Bola.com, Jakarta - Pada era 90an, Juventus merupakan salah satu tim raksasa di Eropa. Klub yang bermarkas di Kota Turin itu berhasil meraih tiga gelar Serie A, sebuah trofi Liga Champions dan juga Piala UEFA.

Keberhasilan Si Nyonya Tua meraih sukses tak lepas dari peran sejumlah pemain bintang yang dimiliki mereka. Mulai dari Zinedine Zidane, Didier Deschamps hingga Antonio Conte menjadi beberapa di antaranya.

Kini sejumlah pemain Juventus itu mampu menjelma menjadi pelatih top Eropa. Seperti Zidane, mantan bintang Juve yang sekarang melatih Real Madrid tersebut sukses meraih gelar Liga Champions musim lalu.

Berikut lima bintang Juventus era 90an yang kini menjadi pelatih top dunia.

2 dari 6 halaman

Antonio Conte

Gelandang pekerja keras Juventus era 90an ini memulai karier sebagai pelatih dengan menukangi klub semenjana Italia, Arezzo. Pelatih asal Italia ini kemudian mendapat kesempatan melatih Juventus dari tahun 2011 hingga 2014.

Meraih tiga gelar Serie A bersama Si Nyonya Tua membuat dirinya dipercaya untuk menukangi Italia. Mengundurkan diri dari Gli Azzurri usai Piala Eropa 2018, Conte, memilih untuk melatih Chelsea hingga kini.

3 dari 6 halaman

Zinedine Zidane

Bersama Juventus gelandang serang Prancis ini meraih gelar Ballon d'Or tahun 1998 dan 2000. Kesuksesannya sebagai pemain berlanjut saat dirinya menjadi pelatih.

Pada musim pertamanya menukangi Real Madrid, Zidane langsung berhasil meraih gelar Liga Champions. Sebelumnya pria 44 tahun ini sempat menjadi asisten Carlo Ancelotti dan juga pelatih Real Madrid Castilla.

4 dari 6 halaman

Didier Deschamps

Kapten timnas Prancis saat meraih Piala Dunia 1998 ini merupakan bintang lapangan tengan Juventus medio 90-an. Deschamps memulai karier kepelatihan dengan membesut Monaco.

Pria kelahiran Bayonne, Prancis ini kariernya cemerlang kala menukangi Marseille. Meraih tiga gelar Liga Prancis bersama Les Phocéens mengantar mantan pemain Valencia itu menduduki kursi pelatih timnas Ayam Jago.

5 dari 6 halaman

Gianluca Vialli

Bomber yang mencetak 47 gol saat bermain untuk Juventus ini memulai karier kepelatihan bersama Chelsea. Dirinya didaulat untuk menjadi pelatih The Blues pada musim 1998, untuk menggantikan posisi Ruud Gullit.

Pria Italia itu sukses mengantar klub London itu meraih beberapa gelar seperti Piala Liga dan juga Piala Super Eropa. Namun sayangnya selepas dari Chelsea kariernya menurun dan kini dirinya masih belum melatih lagi.

6 dari 6 halaman

Paulo Sousa

Gelandang asal Portugal ini sempat dua musim berkostum Juventus. Dirinya memulai karier kepelatihan dengan menjadi asisten pelatih timnas Portugal.

Malang melintang di beberapa liga Eropa kini dirinya menjadi pelatih Fiorentina. Bersama Sousa, La Viola musim lalu mampu duduk di peringkat lima klasemen Serie A.

Video Populer

Foto Populer