Sukses


Gabriel Jesus dan Willian Cetak Gol, Brasil ke Puncak Klasemen

Bola.com, Merida - Brasil mengkudeta posisi Uruguay di puncak klasemen sementara Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan. Hal tersebut berlatar kemenangan Tim Samba atas Venezuela dengan skor 2-0, Selasa (11/10/2016) atau Rabu (12/10/2016) pagi WIB. Sebelumnya, Uruguay hanya menuai satu poin usai ditahan imbang 2-2 kontra Kolombia.

Saat ini, Brasil memimpin klasemen sementara dengan nilai 21. Uruguay berada di peringkat kedua, berselisih satu poin dari Tim Samba.

Kemenangan Brasil di Estadio Metropolitano de Merida, kota Merida, ditentukan via gol Gabriel Jesus pada menit ke-8 dan aksi Willian, delapan menit usai rehat. Bagi Jesus, gol tersebut terasa spesial, karena menjadi koleksi keempat dalam empat pertandingan terakhir bersama timnas senior.

Pada pertandingan tersebut, Brasil melakoni jalan tak mudah. Mereka menguasai jalannya pertandingan dengan dominasi 66 persen berbanding 34 persen milik tuan rumah. Namun, hal itu tak didukung efektivitas bagus.

Hasilnya, Brasil mengirim 14 tendangan, namun hanya 5 yang tepat sasaran dan berujung gol. Sedangkan tuan rumah mencatat 2 shots on target dari 13 percobaan.

Gol pertama Brasil tercipta pada menit ke-8. Proses gol berawal dari kesalahan kiper Venezuela, Daniel Hernandez. Ia bermaksud menendang bola ke depan, tapi sepakannya tak sempurna.

Bola justru meluncur mendatar ke arah Gabriel Jesus. Tanpa ampun, striker asal klub Palmeiras tersebut mengirim bola dengan tendangan lob, melewati kiper tuan rumah.

Venezuela berusaha membalas dengan melakukan serangkaian serangan. Namun peluang mereka tergolong minim. Pada menit ke-22, Brasil hampir menggandakan keunggulan. Renato Augusto memiliki kesempatan, namun tak bisa maksimal.

Begitu juga dengan kans yang didapat Philippe Coutinho pada menit ke-25, Gabriel Jesus (35) dan Paulinho, empat menit jelang babak pertama selesai, tak sanggup menambah keunggulan tim tamu.

Pada babak kedua, Brasil tampil semakin menekan. Mereka menambah keunggulan pada menti ke-53. Umpan silang Renato Augusto ke arah tiang jauh Venezuela gagal diantisipasi lini pertahanan tuan rumah.

Willian, yang muncul dari lini kedua berhasil memanfaatkan peluang tersebut. Sepakan kaki kanannya mengirim bola ke sisi atas tiang jauh, dan gagal dijangkau Daniel Hernandez. Gol tersebut membuat Brasil mematikan diri pulang dengan tiga angka.

Usaha tuan rumah untuk mengejar ketertinggalan tak menemui sasaran. Pelatih Rafael Dudamel sudah memasukkan Romulo Otero dan Alejandro Guerra, namun tak berbuah manis.

Variasi serangan mereka berhasil dibaca deretan pertahanan Brasil, yang diisi Miranda, Marquinhos, Filipe Luis dan Dani Alves. Pada laga berikutnya, Venezuela, yang kini berada di posisi juru kunci, akan menjamu Bolivia (10/11/2016). Sedangkan Brasil akan menjamu Argentina, di Mineirão, Belo Horizonte.

Susunan Pemain
Venezuela: 12-Daniel Hernandez, 6-José Velázquez, 2-Wilker Ángel, 20-Rolf Feltscher, 16-Roberto Rosales, 14-Arles Flores (4-Yangel Herrera, 84'), 8-Tomás Rincón, 18-Adalberto Peñaranda (10-Rómulo Otero, 73), 11-Juanpi (15-Alejandro Guerra, 60'), 9-Salomón Rondón, 17-Josef Martinez
Pelatih: Rafael Dudamel

Brasil: 1-Alisson, 13-Marquinhos, 3-Miranda, 6-Filipe Luís, 2-Dani Alves, 5-Fernandinho, 8-Renato Augusto, 15-Paulinho, 9-Gabriel Jesus, 11-Philippe Coutinho (18-Giuliano, 83'), 19-Willian (17-Taison, 89')
Pelatih: Tite

Sumber: Sambafoot

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer