Sukses


Persaingan Koleksi Gol Messi dan Ronaldo di Liga Champions

Bola.com, Jakarta - Lionel Messi mencetak tiga gol ke gawang Manchester City, pada Matchday 3 Grup C Liga Champions 2016-2017, di Estadio Camp Nou, Rabu (19/10/2016) atau Kamis (20/10/2016) dini hari WIB. Trigol tersebut membuat publik teringat dengan persaingan Messi dan Cristiano Ronaldo.

Messi merobek jala The Citizens pada menit ke-17. 61' dan 69'. Barcelona unggul 4-0, setelah Neymar menambah derita tim tamu, semenit sebelum waktu normal babak kedua selesai. bagi

Bagi Messi, trigol ke gawang pasukan Josep Guardiola membuatnya mampu mencetak catatan khusus. Hattrick tersebut menjadi koleksi ke-7 sepanjang berpartisipasi di Liga Champions. Performanya berhasil mengungguli koleksi Cristiano Ronaldo, yang mengemas 5 hattrick.

"Messi adalah pemain terbaik sepanjang masa. Ayo berharap dia tetap tinggal bersama kami selamanya,". Komentar bernada permintaan tersebut keluar dari mulut gelandang Barcelona, Ivan Rakitic.

Sepertinya, keinginan Rakitic bukan hanya suara pribadi. Seluruh Barcelonistas di muka bumi berharap Sang Messiah bisa pensiun di klub kesayangan mereka. Bukan semata jaminan kemenangan atau hadirnya trofi, melainkan hiburan tingkat tinggi berkat penampilan istimewa Leo di lapangan.

Selain itu, keberadaan Messi juga menjadi pembanding tersendiri dengan Cristiano Ronaldo. Maklum, dalam lima tahun terakhir, dua sosok tersebut berhasil mencuri perhatian publik. Sebuah takdir, yang membuat keduanya berlaga di kompetisi La Liga.

Hasilnya, total, keduanya berhasil membawa Barcelona dan Real Madrid menjadi penguasa, baik domestik, Eropa maupun dunia. Tak hanya trofi secara tim, penghargaan pribadi juga menjadi gambaran perseteruan antara keduanya.

2 dari 3 halaman

Trofi Selaras Koleksi Gol

Trigol Messi ke gawang Manchester City seolah menegaskan persaingan statistik dengan Ronaldo. Dua musim lalu, keduanya sama-sama mencetak langkah besar di arena Liga Champions. Saat itu, duo tersebut sama-sama mengemas 77 gol pada akhir musim 2014-2015.

Catatan tersebut menandai rekor baru, yang sebelumnya diraih Raul Gonzalez. Setelah itu, Ronaldo sempat menjauh dengan 16 gol yang dilesakkanya ke gawang lawan. Messi, pelan namun pasti mulai mengejar perolehan gol CR7.

Kini, dengan tiga gol ke gawang Manchester Biru, keduanya terpaut 6 gol. Ronaldo masih lebih baik dengan koleksi 95 gol di Liga Champions, berbanding 89 gol milik Leo Messi. Secara keseluruhan kompetisi di level Eropa, Ronaldo mengumpulkan 98 gol dan 92 gol milik Messi.

Beberapa catatan penting mengiringi perjalanan kedua pemain. Messi hanya mengalami dua kekalahan saat dirinya mencetak gol pada sebuah pertandingan. Ronaldo mencetak minimal dua gol atau lebih pada 25 partai.

Ronaldo mencatat momen unik, yakni pernah gagal mencetak gol pada 30 laga di Eropa. Ia berhasil mencetak gol setiap timnya melangkah ke babak 16 Besar Liga Champions. Messi dan Ronaldo sama-sama mencetak gol pada dua partai final yang mereka lakoni.

Kisah saling kejar koleksi gol Messi dan Ronaldo di arena Liga Champions sudah terjadi sejak lama. Messi mengawali cetakan gol pertama di Liga Champions pada laga kontra Panathinaikos di Estadio Camp Nou (2/11/2005).

Dua tahun berselang, giliran Ronaldo untuk kali pertama mencatatkan namanya di papan skor Liga Champions. Ia mencetak gol ke gawang AS Roma, pada Leg 2 Babak Perempatfinal, di Stadion Old Trafford (10/4/2007).

3 dari 3 halaman

Samai Rekor Gol Raul Gonzalez

Pada akhir musim 2014-2015, Messi dan Ronaldo sama-sama menuai 77 gol, alias melewati catatan Raul Gonzalez. Sang Messiah mencetak gol ke-77 saat bersua Bayern Munchen, pada Leg 1 fase semi final (6/5/2015). Kala itu, Barcelona unggul 3-0 di Estadio Camp Nou.

Sedangkan Ronaldo mencatat gol ke-77 di Liga Champions saat bertemu Juventus pada Leg 1 Semifinal (13/5/2015), di Stadion Old Trafford. Gol CR7 membuat pertandingan berakhir imbang, 1-1.

Setelah sama-sama mencetak 77 gol, Ronaldo berlari kencang. Ia menjadi predator ulung, yang mampu mengoleksi gol, menjauh dari kejaran Messi. Semua itu didukung dengan kondisi Messi yang beberapa kali mengalami cedera, sehingga harus absen.

"Melihat mereka beraksi di depan gawang lawan dengan cara berbeda, memberi warna tersendiri. Saya pikir Ronaldo dan Messi menjadi pemberian istimewa," sebut Luis Figo, eks gelandang Real Madrid dan Barcelona.

Tak hanya di level Liga Champions, tambahan koleksi gol Ronaldo dan Messi juga berasal dari beberapa event di level Eropa. Messi pernah mencetak gol ke gawang FC Porto pada Piala Super Eropa 2011, lalu ke jala Sevilla di Piala Super Eropa 2015.

Ronaldo juga tak ingin kalah. Ia mencetak ke gawang Debrecen pada Kualifikasi III LigaChampions 2005-2006 (9/8/2005). Ia juga mampu menuai gol ke gawang Seilla pada Piala Super Eropa 2014 (12/8/2014).

Persaingan Messi dan Ronaldo masih terus berlanjut. Pada Liga Champions musim ini, Lionel Messi masih unggul dari sisi statistik. Catatan sementara, Sang Messiah mengoleksi 6 gol dan 2 assist, sedang sang rival baru mengemas 2 gol dan 2 assist.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer