Sukses


6 Laga Bersejarah Real Madrid di Turnamen Interkontinental

Bola.com — Real Madrid melangkah ke final Piala Dunia Antarklub 2016 setelah mengalahkan Club America, 2-0, pada laga semifinal di International Stadium Yokohama, Kamis (15/12/2016). Pada partai puncak, Real Madrid akan menghadapi tuan rumah, Kashima Antlers.

Laga yang akan digelar pada Sabtu (18/12/2016) nanti bukan final pertama Real Madrid dalam turnamen yang pada edisi pertama diberi nama Piala Interkontinental. Bahkan, Real Madrid tercatat sebagai klub pertama yang meraih trofi turnamen tersebut pada 1960. 

Piala Interkontinental sejak pertama kali digelar mempertemukan kampiun Piala Champions--kini Liga Champions-- dan Copa Libertadores. Seiring perkembangannya, Piala Interkontinental kemudian berubah nama menjadi Piala Toyota setelah mendapat sponsor dari perusahaan otomotif asal Jepang itu pada 1979. 

Format pertandingan pun diubah. Jika pada turnamen sebelumnya dilaksanakan sistem kandang-tandang, Piala Toyota hanya memainkan satu partai di Jepang. Sempat vakum selama tiga tahun (2001-2004), turnamen itu kembali digelar dengan nama Piala Dunia Antarklub. 

Menilik sejarah perjalanan turnamen, Real Madrid tercatat sebagai salah satu klub yang paling banyak meraih trofi. Berikut ini adalah catatan perjalanan El Real dalam turnamen tersebut sejak 1960: 

1. Piala Interkontinental 1960

Skuat Real Madrid yang tampil di ajang Piala Interkontinental 1960. Dari kiri ke kanan: Raymond Kopa, Hector Rial, Alfredo Di Stefano, Ferenc Puskas, Francisco Gento. (Goal.com).

Piala Interkontinental 1960 adalah turnamen perdana yang mempertemukan dua klub juara dari konfederasi yang berbeda. Saat itu, Real Madrid yang berstatus juara eropa bertanding melawan Penarol yang merupakan juara Copa Libertadores (Amerika Selatan).

Laga berlangsung kandang dan tandang. Pertandingan pertama dimainkan di Estadio Campeon del Siglo, markas Penarol, pada Juli 1960. Pertandingan berakhir 0-0. 

Laga kedua dimainkan di Santiago Bernabeu pada September 1960. Real Madrid pun sukses melumat Penarol, 5-1. Kesuksesan ini membuat Real Madrid mencetak sejarah sebagai klub pertama yang menjadi juara interkontinental.

2. Piala Interkontinental 1966

Suasana pertandingan final Piala Interkontinental antara Real Madrid melawan Penarol pada 1966. (Soccerbase).

Real Madrid kembali harus menghadapi Penarol pada Piala Interkontinental 1966. Kali ini situasinya berbeda karena Penarol mampu belas dendam dalam turnamen edisi ketujuh tersebut.

Pada pertandingan pertama di Montevideo, Real Madrid tak berdaya karena takluk 0-2. Demikian halnya saat melakoni laga kedua lantaran Penarol kembali mampu menang dengan skor sama. Penarol pun mengangkat piala dengan kemenangan agregat, 4-0.

2 dari 3 halaman

Piala Toyota

Piala Toyota 1998

Real Madrid sukses menjadi juara Liga Champions 1997-1998 setelah mengalahkan Juventus pada pertandingan final.  laga puncak. Kemenangan tersebut membawa Real Madrid ke Jepang untuk menghadapi Vasco da Gama di ajang Piala Toyota 1998.

Real Madrid keluar sebagai juara usai mengungguli Vasco da Gama dengan skor 2-1. Gol penentu kemenangan Real Madrid dicetak Raul Gonzalez, tujuh menit jelang waktu normal berakhir.

Piala Toyota 2000

Suasana pertandingan final Piala Toyota 2000 antara Real Madrid melawan Boca Juniors. (Soccerbase).

Dua tahun setelah menjuarai Piala Toyota 1998, Real Madrid kembali mendapatkan tiket ke Jepang setelah menjuarai Liga Champions 1999-2000. Real Madrid berhadapan dengan lawan yang sulit dari Argentina, yaitu Boca Juniors.

Real Madrid pun pada akhirnya harus mengakui keunggulan Boca Juniors yang mampu memenangi laga 2-1 melalui dua gol yang dicetak Martin Palermo.

Piala Toyota 2002

Luis Figo saat mengangkat Piala Toyota 2002 setelah Real Madrid mengalahkan Olimpia. (ESPN).

Real Madrid kembali tampil di ajang Piala Toyota 2002 setelah mengukuhkan diri sebagai juara Liga Champions 2001-2002. Calo lawan yang dihadapi mereka adalah wakil Paraguay, Olimpia. Real Madrid menang 2-0 berkat gol Ronaldo dan Guti. 

3 dari 3 halaman

Piala Dunia Antarklub

Piala Dunia Antarklub 2014

Piala Dunia Antarklub 2014 dihelat di Maroko. Pada edisi kali ini, klub yang berstatus sebagai juara Liga Champions berhak langsung bertanding di semifinal. 

Real Madrid pun mampu mengamankan satu tiket final setelah berpesta empat gol tanpa balas atas wakil Meksiko, Cruz Azul. Pesta tersebut kemudian berlanjut pada partai puncak setelah gol-gol Sergio Ramos dan Gareth Bale membawa Real Madrid menang 2-0 atas wakil Argentina, San Lorenzo. 

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer