Sukses


Menilik Sejarah, Barcelona Masih Punya Asa di Liga Champions

Bola.com — Barcelona menyerah empat gol tanpa balas dari Paris Saint-Germain (PSG) pada pertandingan leg pertama perdelapan final Liga Champions, di Stadion Parc des Princes, Selasa (15/2/2017). 

Gol-gol dalam laga tersebut dicetak Angel Di Maria pada menit ke-18 dan 55', Julian Draxler (40'), serta Edinson Cavani (72'). Hasil ini membuat langkah Barcelona untuk lolos ke fase selanjutnya kian berat.

Barcelona diwajibkan mencetak lima gol pada laga leg kedua, di Stadion Camp Nou (8/3/2017). Namun, dengan catatan skuat Luis Enrique tidak boleh kebobolan satu gol pun dalam pertandingan nanti.

Menilik catatan sejarah di kompetisi Liga Champions, tidak ada satupun tim yang mampu melenggang ke babak selanjutnya setelah kebobolan empat gol pada pertandingan leg pertama.

Namun, Barcelona masih memiliki peluang untuk memecahkan rekor tersebut. Apalagi, mereka memiliki tradisi baik karena mampu membalik keadaan setelah sebelumnya takluk pada leg pertama di fase gugur Liga Champions.

Berikut ini beberapa contoh keberhasilan Barcelona melakukan comeback setelah kalah pada pertandingan leg pertama di ajang Liga Champions: 

2 dari 3 halaman

Chelsea Vs Barcelona (1999-2000)

Perempat final Liga Champions musim 1999-2000 mempertemukan Chelsea dan Barcelona. Ketika itu, Barcelona lebih diunggulkan karena mampu menang dalam lima laga terakhir di semua kompetisi.

Di sisi lain, Chelsea sedang dalam situasi sulit karena hanya meraih dua kemenangan, dua hasil imbang dan menelan satu kekalahan dari lima pertandingan terakhir di semua ajang.

Namun, Chelsea di luar dugaan mampu menepis semua keraguan setelah mencukur Barcelona 3-1 pada pertandingan leg pertama, di Stadion Stamford Bridge, 5 April 2000. Lima gol Chelsea dicetak Gianfranco Zola pada menit ke-30 dan Tore Andre Flo (34', 38'), sedangkan gol Barcelona dikreasi Luis Figo (64').

Melihat fakta tersebut, Chelsea digadang-gadang akan lolos ke babak semifinal karena hanya membutuhkan hasil imbang. Akan tetapi, anggapan itu meleset.

Pada pertandingan leg kedua, di Stadion Camp Nou, 18 April 2000, Barcelona membuka keunggulan melalui Rivaldo pada menit ke-24 dan Luis Figo (45'). Namun, Chelsea mampu mencetak satu gol lewat Tore Andre Flo (60').

Meski demikian, Barcelona tidak menyerah dan terus melancarkan serangan. Keputusan itu pun berbuah manis setelah Dani merobek jala gawang Chelsea, tujuh menit jelang berakhirnya laga. Skor 3-1 berakhir dan pertandingan berlanjut ke babak tambahan (agregat 4-4).

Pada babak tersebut, Barcelona mampu tampil perkasa dan sukses menggelontorkan dua gol tambahan melalui Rivaldo (99') dan Patrick Kluivert (104'). Alhasil, Barcelona pun lolos ke semifinal dengan agregat 6-4.

3 dari 3 halaman

AC Milan Vs Barcelona (2012-2013)

Hasil undian 16 besar Liga Champions musim 2012-2013 mempertemukan AC Milan dan Barcelona. Pertandingan leg pertama dihelat di Stadion San Siro pada 20 Februari 2013.

Meski lebih diunggulkan, Barcelona justru takluk 0-2 dari AC Milan. Kevin Prince Boatang membuka keunggulan timnya setelah mencetak gol pada menit ke-57. Tim tuan rumah memperlebar jarak berkat kreasi dari Sulley Muntari (81').

Kemenangan ini membuat AC Milan diprediksi bakal lolos ke perempat final. Akan tetapi, Barcelona di luar dugaan mampu tampil heroik pada pertandingan leg kedua, di Camp Nou, 12 Maret 2013. 

Sejak awal laga, Barcelona menampilkan sepak bola menyerang dan sukses menyamakan agregat melalui gol Lionel Messi pada menit kelima dan 40. Pada babak kedua, Barcelona kembali menambah gol lewat torehan David Villa (55') dan Jordi Alba (90+2). 

Barcelona menang 4-0 dan melangkah ke perempat final dengan agregat 4-2 atas AC Milan. 

Sumber: UEFA, Transfermarkt

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer