Sukses


Ditilik dari Riwayat Cedera, Essien Bisa Bikin Persib Gigit Jari

Bola.com, - Michael Essien resmi bergabung dengan Persib Bandung, Selasa (14/3/2017). Namun, rekrutan anyar Maung Bandung itu bisa menjadi bumerang jika berkaca dari riwayat cedera sang pemain. 

Persib Bandung mengkontrak Michael Essien selama semusim. Sang pemain kabarnya mendapat bayaran sekitar Rp 10 miliar dari manajemen klub.

Sebelum bergabung Persib Bandung, Michael Essien pernah berseragam klub-klub papan atas Eropa. Beberapa di antaranya seperti Chelsea, Real Madrid hingga AC Milan.

Akan tetapi, bersama Chelsea nama Essien makin dikenal publik. Hal itu dilatari berbagai prestasi yang diraihnya bersama John Terry dan kawan-kawan, mulai dari dua gelar Premier League, tiga Piala FA, serta masing-masing satu Liga Champions dan Piala Liga Inggris.

Michael Essien dinilai memiliki kapabilitas membawa Persib Bandung meraih kejayaan, jika ditilik dari prestasi-prestasi yang diraihnya. Namun, bukan tidak mungkin sang pemain bakal minim kontribusi buat skuat asuhan Djajang Nurjaman tersebut.

Pemain 34 tahun itu dikenal sebagai pemain yang rentan mengalami cedera. Sepanjang karier sepak bolanya, Michael Essien tercatat menderita enam cedera berbeda dan membuatnya absen dari lapangan hijau selama 737 hari!

Essien bahkan dua kali mengalami cedera ligamen ketika masih bersama Chelsea. Musibah itu membuatnya harus menjalani perawatan selama 357 hari.

Para pesepak bola yang mengalami cedera ligamen pada umumnya tidak memiliki karier panjang. Cedera yang menyerang persendian di daerah lutut itu dinilai tidak akan bisa pulih sepenuhnya, dan berpotensi bisa kembali kambuh.

Contoh pesepak bola yang menelan pil pahit karena cedera ligamen adalah Michael Owen. Eks bintang Real Madrid dan Liverpool itu sempat menepi selama 315 hari akibat mengalami masalah tersebut.

Setelah pulih, performa Michael Owen menurun dan sering berada di ruang perawatan akibat terus diterpa berbagai cedera. Alhasil, dia pun memutuskan gantung sepatu ketika memasuki usia 34 tahun.

Berkaca dari catatan itu, Persib Bandung seharusnya lebih teliti dalam memutuskan merekrut Michael Essien. Dana miliaran rupiah yang dikeluarkan manajemen klub bakal menjadi sia-sia, jika suatu saat sang pemain kembali mengalami masalah pada tubuhnya.

Apalagi, Michael Essien sempat diberitakan gagal berseragam Muangthong United. Hal itu dilatari karena mantan gelandang timnas Ghana itu kabarnya gagal menjalani tes medis bersama klub Thailand tersebut.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer