Sukses


Robben Ingin Perkuat Belanda di Piala Dunia Sebelum Pensiun

Bola.com, Sofia - Pemain asal Belanda, Arjen Robben, mengisyaratkan akan pensiun dari pentas internasional setelah membela tim Oranye pada Piala Dunia 2018.

Robben memulai debutnya bersama skuat senior Belanda pada 30 April 2003. Sejak saat itu, pemain yang pernah membela Chelsea dan Real Madrid tersebut selalu menjadi langganan timnas Belanda.

Pemain berusia 33 tahun tersebut turut serta pada pagelaran besar di antaranya turnamen Piala Eropa 2004, 2008, 2012 dan Piala Dunia 2006, 2010, 2014. Selama memperkuat Belanda, pemain kelahiran Bedum itu tercatat telah mengemas 89 penampilan dan menorehkan 31 gol.

Faktor cedera dan usia menjadi penghalang bagi Robben untuk terus konsisten tampil bersama Belanda. Sang pemain sempat mempertimbangkan untuk mengundurkan diri dari timnas Belanda karena masalah cedera yang terus ia alami.

"Saya berkata kepada diri sendiri untuk memilih fokus kepada Bayern Munchen saja atau terus melanjutkan bermain untuk Bayern Munchen dan tim nasional secara bersamaan," kata Robben kepada De Telegraaf.

"Saya telah membicarakan hal tersebut dengan istri dan keluarga, serta pelatih Danny Blind. Saya pun memutuskan untuk terus melanjutkan memperkuat Bayern Munchen dan Belanda. Saya masih berharap dapat memperkuat Belanda di ajang Piala Dunia," ujar Robben.

Prestasi terbaik Arjen Robben untuk timnas terjadi saat mengantarkan Belanda lolos ke babak final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Sayang, Belanda harus merelakan gelar juara dunia jatuh ke tangan Spanyol setelah kalah dengan skor 0-1.

Saat ini, Arjen Robben tengah bersiap memperkuat Belanda untuk menjalani laga kualifikasi Piala Dunia 2018 menghadapi Bulgaria (25/3/2017) dan laga uji coba menghadapi Italia (28/3/2017).

Sumber: Soccerway

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer