Sukses


Ronaldo dan Messi Pensiun, Dominasi Klub Spanyol Akan Berakhir

Bola.com, Manchester - Kehadiran Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi membuat klub-klub Spanyol, khususnya Real Madrid dan Barcelona berjaya di Liga Champions. Namun, saat keduanya memasuki masa pensiun, dominasi klub asal Spanyol diyakini berakhir.

Madrid, Barca, ditambah Atletico Madrid tampil gemilang di Liga Champions. Ketiga klub tersebut tak menemui hambatan untuk bisa melenggang ke fase knock-out.

Dalam 10 tahun terakhir, Madrid dua kali menembus partai puncak serta sukses keluar sebagai pemenang. Sementara itu, Los Cules tiga kali lolos ke final dan berhasil meraih titel juara. Untuk Atletico, dua kali melenggang ke final dan harus puas meraih status runner-up.

Sejauh ini, hanya AC Milan (2007), Manchester United (2008), Inter Milan (2010), Chelsea (2012), dan Bayern Munchen (2013) yang sukses menghentikan dominasi klub-klub asal Spanyol di Liga Champions.

"Menurut saya, siklus di Liga Champions saat ini berada di tangan klub Spanyol. Mereka yang terbaik, dan itulah mengapa mereka memenangkan Liga Champions," ujar mantan manajer MU, Sir Alex Ferguson.

"Namun itu akan berubah, hal tersebut pasti akan berubah. Anda tahu, Cristiano Ronaldo akan semakin tua, Lionel Messi akan makin tua. Bisakah mereka mengganti keduanya? Dan menurut saya siklus di Liga Champions akan berubah," lanjutnya.

Di Liga Champions musim ini, Spanyol memiliki tiga wakil pada fase perempat final, yakni Atletico Madrid, Barcelona, dan Real Madrid. Atletico menyingkirkan Bayer Leverkusen (agregat 4-2), Barca mendepak Paris Saint-Germain (agregat 6-5), serta Madrid yang mengalahkan Napoli (6-2).

Sumber: ESPN

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer