Sukses


Permasalahan KITAS Essien dan Cole Jadi Pemberitaan Dunia

Bola.com, Jakarta - Permasalahan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) dua pemain bintang Persib Bandung, Michael Essien dan Carlton Cole, tak hanya menjadi pemberitaan hangat media-media di Tanah Air, namun juga hingga ke mancanegara.

Kedua pemain itu hingga saat ini masih belum mengantongi permohonan KITAS untuk Essien dan Cole. Selain itu, PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) juga belum menyelesaikan izin kerja yang dikeluarkan oleh Kementerian Tenaga Kerja, agar Essien dan Cole bisa bermain di Liga 1 2017.

PT PBB mengakui surat rekomendasi untuk mengajukan izin kerja ke Kemenaker sudah berada di BOPI. Oleh BOPI, rekomendasi itu baru dikirimkan ke Kemenaker pada Senin (17/4/2017).

Meski belum memiliki KITAS dan izin kerja, Essien dan Cole telah bermain saat Persib bermain 0-0 kontra Arema FC dalam laga pembuka Liga 1 yang berlangsung di Stadion GBLA, 15 April 2017. Padahal, kedua pemain tersebut baru mengantongi izin tinggal kunjungan.

Akibatnya, Kantor Imigrasi Kelas 1 Bandung melayangkan teguran keras kepada PT Persib Bandung Bermartabat. Permasalahan ini pun membuat Michael Essien dan Carlton Cole terancam absen membela Persib.

Kasus keimigrasian yang dialami Essien dan Cole di Indonesia menarik perhatian media asing. Salah satu media Inggris, The Sun, menuliskan judul yang sedikit berlebihan "TIM BESAR PENJARA Michael Essien dan Carlton Cole ‘menghadapi hukuman penjara’ setelah melanggar undang-undang imigrasi yang ketat di Indonesia."

Hal senada juga diberitakan oleh Sky News. Menurut media asal Inggris tersebut, Essien dan menghadapi permasalahan keimigrasian di Indonesia. Keduanya bermain di Indonesia dengan tidak mengantongi izin kerja yang benar.

Salah satu media online terbesar di Nigeria, vanguardngr.com, menuliskan judul "Michael Essien, Cole tanpa memiliki izin di Indonesia." Sementara itu, FourFourTwo Inggris menyebut jika dua mantan pemain Chelsea tersebut tidak sengaja menceburkan diri ke dalam 'air panas' dengan bergabung ke Persib Bandung.

Video Populer

Foto Populer