Sukses


5 Faktor yang Bisa Bikin Barcelona Singkirkan Juventus

Bola.com — Barcelonabakal melakoni laga berat saat menjamu Juventus di Stadion Camp Nou pada pertandingan leg kedua perempat final Liga Champions 2016-2017, Rabu (19/4/2017) waktu setempat. Skuat asuhan Luis Enrique wajib menang dengan selisih empat gol jika ingin lolos ke putaran selanjutnya.

Pada pertemuan pertama di Juventus Stadium, pekan lalu, Barcelona ditekuk 0-3 oleh kesebelasan tuan rumah. Kemenangan Juventus ditentukan lewat dua gol Paulo Dybala pada menit ke-7 dan 22', serta Giorgio Chiellini (55').

Akan tetapi, pelatih Barcelona, Luis Enrique, mengaku optimistis bisa menyingkirkan Juventus. Pelatih asal Spanyol ini siap tampil ofensif demi membalikkan keadaan.

Selain itu, para penggawa Blaugrana, seperti Neymar dan Pique memiliki pandangan yang sama. Mereka yakin Barcelona dapat mengulangi hasil saat menyingkirkan Paris Saint-Germain (PSG) dari 16 besar.

Saat itu Barcelona kalah 0-4 pada pertandingan leg pertama di Parc des Princes, sebelum menang 6-1 di Camp Nou. Hasil tersebut membuat Lionel Messi dan kawan-kawan lolos dengan agregat 6-5.

Untuk mengulangi raihan tersebut, Barcelona memiliki beberapa faktor pendukung. Jika mampu memanfaatkannya, Barcelona berpeluang besar menyingkirkan Juventus dari Liga Champions musim ini.

Berikut ini adalah lima faktor yang mendukung Barcelona menyingkirkan Juventus:

2 dari 6 halaman

Kembalinya Sergio Busquets

Sergio Busquets merupakan pahlawan tersembunyi Barcelona. Tanpa kehadiran Busquets, klub asal Katalan tersebut tampak kebingungan saat bermain di Turin.

Pada laga tersebut Busquets harus absen akibat hukuman akumulasi kartu kuning. Dia dijatuhi hukuman karena telah mengantongi tiga kartu kuning sepanjang turnamen Liga Champions musim ini.

Akan tetapi, Busquets dapat kembali bermain pada pertandingan di Camp Nou. Pemain timnas Spanyol tersebut siap mematikan pergerakan Paulo Dybala dan mengatur lini tengah Barcelona.

3 dari 6 halaman

Variasi Taktik

Barcelona memiliki variasi taktik jelang laga ini. Jika sebelumnya Lionel Messi dan kawan-kawan identik dengan 4-3-3, kini mereka bisa bermain menggunakan skema 3-4-3.

Hal ini dapat membuat Barcelona mengejutkan Juventus dengan taktik yang mereka gunakan. Pada laga di Turin, Massimiliano Allegri mengambil keuntungan dari sisi lapangan melalui Juan Cuadrado.

Luis Enrique diperkirakan akan kembali menggunakan formasi 4-3-3 seperti saat mengalahkan Real Sociedad 3-2 di La Liga, akhir pekan lalu. Jordi Alba kemungkinan akan kembali ke starting line up untuk menemani Neymar di sisi kiri.

Jika Enrique memainkan skema tersebut, bek kanan Juventus, Dani Alves atau Stephan Lichtsteiner, bisa mendapatkan masalah besar.

4 dari 6 halaman

Massimiliano Allegri

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, kerap disebut-sebut sebagai salah satu pelatih terbaik di dunia saat ini. Meski begitu, Allegri memiliki rekor buruk ketika menghadapi Barcelona.

Dari 10 pertemuan dengan Blaugrana, kesebelasan asuhan Allegri hanya meraih dua kemenangan. Dari jumlah tersebut, tak ada satupun yang diraih di kandang Barcelona.

Hasil terbaik Allegri di Camp Nou adalah saat memimpin AC Milan pada Liga Champions edisi 2011-2012. Saat itu I Diavolo Rosso bermain imbang 2-2 pada fase grup.

Lawatan terakhir Allegri bersama AC Milan ke markas Barcelona juga menyisakan kenangan buruk. Saat itu Massimo Ambrosini dan kawan-kawan menelan kekalahan 0-4 melalui dua gol Lionel Messi serta masing-masing satu gol dari David Villa dan Jordi Alba.

5 dari 6 halaman

Mental Pemenang

Barcelona mencatatkan sejarah setelah menyingkirkan Paris Saint-Germain (PSG) dari 16 besar Liga Champions. Blaugrana menjadi kesebelasan pertama yang mampu membalikkan ketertinggalan empat gol pada fase gugur turnamen tersebut.

Hasil tersebut membuktikan, Barcelona memiliki mental pemenang yang kuat. Selain itu, skuat asuhan Luis Enrique juga membutuhkan margin gol lebih sedikit kali ini.

Blaugrana butuh kemenangan dengan selisih lima gol sewaktu menghadapi PSG. Sementara, saat ini mereka hanya perlu menang dengan mengejar selisih tiga gol.

Barcelona juga memiliki catatan apik di kompetisi Eropa jika tertinggal tiga gol. Selain pertandingan melawan PSG, Barcelona pernah membalikkan keunggulan Ipswich Town (Piala UEFA 1977-1978), Anderlecht (Piala Winners 1978-1979), dan Gothenburg (Piala Champions 1985-1986).

6 dari 6 halaman

Keangkeran Camp Nou

Barcelona memiliki catatan impresif jika tampil di Camp Nou pada ajang Liga Champions. Andres Iniesta dan kawan-kawan selalu meraih kemenangan pada musim ini.

Klub-klub seperti Manchester City, Borussia Monchengladbach, dan Paris Saint-Germain, pulang dengan tangan hampa dari stadion berkapasitas 99.354 tempat duduk tersebut.

Blaugrana juga tampil agresif ketika bermain di hadapan pendukung mereka. Dari 26 gol yang telah mereka cetak di Liga Champions musim ini, 21 di antaranya mereka ciptakan di Camp Nou.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer