Sukses


Rekap Kiprah Manchester United hingga ke Final Liga Europa

Bola.com — Manchester United bakal menghadapi Ajax Amsterdam pada pertandingan final Liga Europa 2016-2017, di Stadion Friends Arena, Rabu atau Kamis (25/5/2017) dini hari WIB. Seperti apa rekap perjalanan Setan Merah hingga mampu mencapai partai puncak turnamen tersebut?

Manchester United mendapat jatah ke Liga Europa setelah finis di peringkat kelima klasemen Premier League 2015-2016. Meski berstatus turnamen "kasta kedua", Manchester United memiliki harapan besar dalam ajang tersebut pada musim. 

Jika mampu memenangi Liga Europa, Manchester United akan mendapat jatah ke Liga Champions pada musim depan. Manajer Manchester United, Jose Mourinho, pun sempat "melepas" Premier League dan fokus ke Liga Europa demi mewujudkan target tersebut. 

Demi menjaga kondisi pemain pada partai final Liga Europa, Jose Mourinho telah melakukan rotasi dalam dua pertandingan terakhir Manchester United di ajang Premier League. Adapun Manchester United finis di peringkat keenam klasemen akhir Premier League musim ini. 

Berikut ini adalah momen dan beberapa faktor kunci dalam perjalanan Manchester United hingga mencapai ke final Liga Europa 2016-2017: 

Start buruk

Manchester United menelan kekalahan 0-1 dari Feyenoord Rotterdam pada matchday pertama Grup A Liga Europa, di Feijenoord Stadion, Rotterdam, Jumat (16/9/2016) dini hari WIB. (AFP/ANP/Emmanuel Dunand/Netherlands OUT)

Manchester United memulai kiprah di ajang Liga Europa 2016-2017 melawan Feyenoord pada fase grup. Perjalanan mereka pun kurang mulus karena kalah 0-1 dari Feyenoord di Rotterdam. Total, dari tujuh pertandingan, Manchester United hanya meraih tiga kemenangan laga tandang. 

Beruntung bagi Manchester United, performa mereka pada laga kandang cukup baik. Setelah finis di peringkat kedua fase grup, Manchester United mampu menyingkirkan Saint-Etienne, Rostov, Anderlecht, dan Celta Vigo, untuk memantapkan langkah ke Swedia. 

Total pertandingan Manchester United

Fase grup - Feyenoord 1-0 Manchester United
Fase grup - Manchester United 1-0 Zorya
Fase Grup - Manchester United 4-1 Fenerbahce
Fase grup - Fenerbahce 2-1 Manchester United
Fase grup - Manchester United 4-0 Feyenoord
Fase grup - Zorya 0-2 Manchester United
32 besar - Manchester United 3-0 Saint-Etienne
32 besar - Saint-Etienne 0-1 Manchester United (agregat 4-0)
16 besar - Rostov 1-1 Manchester United
16 besar - Rostov 1-0 Rostov (agregat 2-1)
Perempat final - Anderlecht 1-1 Manchester United
Perempat final - Manchester United 2-1 Anderlecht (agregat 3-2)
Semifinal - Celta Vigo 0-1 Manchester United
Semifinal - Manchester United 1-1 Celta Vigo (agregat 2-1)

2 dari 3 halaman

Titik balik

Pertandingan leg kedua semifinal melawan Celta Vigo bisa dibilang merupakan salah satu momen kunci keberhasilan Manchester United ke final Liga Europa. Laga tersebut adalah partai ke-12 Manchester United dalam 41 hari di berbagai ajang, termasuk Premier League. 

Sebelumnya, Manchester United memang diprediksi bakal kesulitan melawan Celta Vigo. Beruntung, modal kemenangan 1-0 dalam pertandingan leg pertama, membuat Manchester United dapat bernapas lega setelah bermain 1-1 di Old Trafford. Manchester United menang agregat 2-1.

3 dari 3 halaman

Pemain Kunci

Performa gemilang Manchester United di ajang Liga Europa tidak bisa dilepaskan dari peran besar Henrikh Mkhitaryan. Pemain asal Armenia itu tidak bermain hingga pertandingan keempat pada fase grup. Namun, sang pemain dapat memberi jawaban setelah mendapat kepercayaan dari Jose Mourinho. 

Total, Henrikh Mkhitaryan menorehkan lima gol dari total 743 menit bermain. Mantan pemain Borussia Dortmund itu juga menorehkan gol-gol penentu Manchester United saat menghadapi Saint-Etienne pada babak 32 besar, Rostov (16 besar), dan kemudian Anderlecht pada babak delapan besar. 

Sumber: UEFA

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer