Sukses

FOTO: 5 Pesepak Bola yang Kedua Kakinya Berbahaya

 

Setiap pemain memiliki satu kaki andalan kala menendang dan atau mengolah bola di lapangan. Namun, tak jarang pesepakbola yang punya kemampuan kaki kanan dan kiri sama hebatnya. Meski Anda masih bisa lebih efektif menjadi pemain berkaki satu, seperti Mesut Ozil dan Angel Di Maria. Tapi, punya dua kaki yang sama baiknya memiliki dimensi berbeda. Pesepak bola jenis ini bisa dibilang langka.

Mereka bisa membantu keluar dari tekanan dan menciptakan lebih banyak peluang. Si pemain juga bisa jadi mimpi buruk bagi pertahanan lawan karena bisa bermain di kedua sisi, dengan kekuatan dan efektivitas yang sama.

Di sepak bola modern, pemain dengan dua kaki bisa dibilang sangat dibutuhkan dan jadi persyaratan yang mutlak. Tapi, hanya ada lima pemain yang bisa dibilang terbaik dengan dua kakinya. Siapa saja? Berikut daftarnya dikutip Sportskeeda:

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo seperti punya kemampuan yang sempurna di sepak bola. Dia dianggap sebagai penyerang paling lengkap di dunia. Mungkin, sudah berusia 32 tahun bisa membuatnya kehilangan kecepatan. Namun, untuk mencetak gol dengan kedua kakinya, tak ada yang diragukannya,.Jelas, semua tahu kalau Ronaldo dikenal punya kaki kanan mematikan.
Namun, faktanya, 10 gol tercipta dari kaki kiri yang dianggap kelemahannya. Bahkan, salah satu golnya diciptakan saat tendangan setengah voli melawan Bayern Muenchen di semifinal.

Ousmane Dembele

Pemain 20 tahun ini didatangkan oleh Borussia Dortmund dengan bayaran 15 juta euro musim lalu dari Rennes dan langsung melejit. Dembele bak menghiasi musim ini dengan kecepatan dan keterampilannya. Dalam sebuah wawancara, dia mengklaim merupakan pemain dengan kaki kiri namun lebih memilih kaki kanannya untuk mengambil penalti. Dari enam gol yang dimiliki pemain berposisi sayap tersebut di Bundesliga musim ini, tiga di antaranya dengan kakinya yang lemah alias kanan.

Hasilnya di lapangan, dia juga fleksibel. Saat ditempatkan gelandang kiri dia sukses mengemas satu gol dan lima assists dalam sembilan laga. Kemudian saat di taruh di gelandang kanan,dari empat laga, dia mengemasdua gol dan satu assists.

Thiago Alcantara

Produk La Masia ini didatangkan oleh Bayern Muenchen pada 2013. Setelah musim pertama yang kurang baik bersama Pep Guardiola, Thiago memperbaiki penampilannya untuk menjadi bagian penting dari lini tengah Muenchen. Dia tampil di sembilan dari 10 pertandingan Liga Champions musim ini. Sering digunakan sebagai nomor 10, Thiago menunjukkan bahwa kakinya yang 'lemah', yakni kiri sama bagusnya dengan kaki kanannya. Mantan kapten timnas U-21 Spanyol ini dikenal dengan keahlian dan insting dalam menggiring bola. Dia memiliki sembilan assist di semua kompetisi pada 2016/17.

Son Heung-min

Salah satu pemain paling berpengaruh untuk Tottenham Hotspur musim ini adalah Son Heung-min. Betapa tidak, dengan 14 gol dan enam assist dalam 34 penampilan, Son membuktikannya. Pemain asal Korsel itu juga dikenal pemain berkaki kanan. Namun, limadari 14 gol ini dicetak itu dikemas dengan kaki kirinya yang lemah. Dia juga memiliki kecenderungan untuk mencetak gol saat kemeulut. Selain Harry Kane dan Dele Alli, Son adalah bagian dari skuat penting yang belakangan mengilap bersama Mauricio Pochettino.

Santi Cazorla

Santi Cazorla memiliki bakat dalam bola-bola mati. Bahkan saat tendangan sudut dan tendangan bebas, kedua kakinya sama baiknya. Cazorla hanya menampilkan 11 penampilan di musim 2016/17 tapi terlibat dalam lima gol. Namun, statistiknya tahun 2016 membuktikan kalau Cazorla sangat baik dengan kedua kakinya. Dia melakukan 49% tembakan dengan kaki kirinya dan 51% dengan kaki yang "lemah". Dengan bakatnya itu, pemain 32 tahun tersebut bisa ditepatkan di segala posisi di lini tengah. Cuma memang, belakangan dia sering sekali bergelut dengan masalah kebugaran. (Bola.com/Nurfahmi Budi)

Editor:
Muhammad Iqbal Ichsan
Photographer:
Muhammad Iqbal Ichsan

Tulis Komentar (0)