Sukses

Mimpi Besar Keisuke Honda di Tokyo Bernama Zozopark

Laporan Langsung Jurnalis Bola.com, Rizki Hidayat, dari Tokyo, Jepang.  

Jepang memang gila sepak bola. Olahraga yang dulu sempat dipandang sebelah mata, kini dapat dibilang telah merasuk ke dalam setiap sendi kehidupan masyarakat Negeri Sakura. Satu hal pasti, di Jepang jangan dulu bicara prestasi, jika fasilitas sepak bola, baik dalam skala besar hingga kecil tidak dibenahi.

Anggapan itulah yang saya rasakan ketika menginjakan kaki di Zozopark Honda Football Area, di Perfektur Chiba, Tokyo, Jepang, Senin (19/6/2017). Dari namanya saja sudah bisa ditebak dua kemungkinan, lapangan sepak bola milik Keisuke Honda atau perusahaan otomotif asal Jepang, Honda.

"Area ini sudah dibangun sejak 2015, dan memang dimiliki Keisuke Honda. Seluruh lapangan di tempat ini menggunakan rumput sintetis," Salah satu karyawan Mizuno, Nori, mencoba memberi penjelasan saat berbincang dengan Bola.com.

Kunjungan ke Zozopark Honda Football Area merupakan bagian dari acara launching Rebula, sepatu sepak bola baru keluaran perusahaan perlengkapan olahraga asal Jepang, Mizuno. Kebetulan, Keisuke Honda merupakan brand ambassador perusahaan yang telah berdiri sejak ratusan tahun silam itu.

Bintang sepak bola Jepang dalam acara peluncuran sepatu Mizuno

Tidak butuh waktu lama berkunjung ke Zozopark Honda Football Area dari Shinagawa Prince Hotel, tempat saya beserta rombongan peliput dari negara lainnya menginap. Hanya saja, hawa musim panas di Tokyo, yang menurut aplikasi cuaca diponsel menyentuh 30 derajat celcius, membuat perjalanan sedikit "kerasa" jika sedang menjalankan ibadah puasa.

Untung saja, sistem transportasi di Jepang bisa dikatakan sangat baik. Belum lagi bicara soal ketertiban masyarakatnya yang sudah teruji sejak berabad-abad. Ketika tiba di Stasiun Shinagawa, misalnya. Meski stasiun penuh sesak, setiap calon penumpang cukup tertib pada saat mengantri atau ketika ingin keluar-masuk kereta api.

Perjalanan menggunakan kereta dari Stasiun Shinagawa menuju Stasiun Kaihin-Makuhari juga tak terasa melelahkan karena fasilitas dalam kereta cukup nyaman. Wajar memang jika pemerintah Jepang memedulikan kenyamanan penumpang karena kereta api salah satu transportasi idola bagi warganya.

Setelah memakan waktu hampir satu jam, kereta yang saya tumpangi tiba di Stasiun Kaihin-Makuhari. Untuk menuju Zozopark Honda Football Area, perjalanan dilanjutkan dengan jarak sekitar 1 km. Hati pun berdecak kagum begitu sesampainya di pintu masuk kompleks olahraga milik Keisuke Honda.

1 dari 2 halaman

Mimpi Honda

Zozopark Honda Football Area merupakan salah satu mimpi besar Keisuke Honda yang menjadi kenyataan. Area yang dibangun di atas tanah seluas 26 ribu meter persegi tersebut bisa dibilang tidak hanya bernuansa komersil, tetapi juga memiliki pendukung perkembangan dunia olahraga dengan fasilitas cukup lengkap. Bahkan, tak hanya sepak bola, melainkan olahraga lainnya, mulai dari futsal, golf, baseball, tenis, hingga atletik.

Zozopark Honda Football Area memiliki satu lapangan utama sepak bola dan enam lapangan futsal, termasuk satu lapangan indoor yang bisa digunakan untuk bermain tennis. Semua jenis lapangan tersebut memiliki rumput sintetis. Selain itu, ada pula area khusus bagi pengguna yang ingin bermain golf.

Jurnalis Bola.com, Rizki Hidayat, saat berada di Zozopark Honda Football Area, dalam rangkaian acara Launching Rebula Mizuno, di Jepang, Senin (19/6/2017). (Bola.com/Rizki Hidayat).

Tidak hanya olahraga, Zozopark Honda Football Area juga memiliki beberapa ruang untuk mengadakan pertemuan atau kelas pengisi materi latihan. Selain itu, ada pula "mini museum" yang berisi jersey-jersey para atlet besar dari berbagai cabang olahraga asal Jepang, termasuk Keisuke Honda.

Dalam salah satu keterangan situs resmi, diketahui pengoperasian Zozopark Honda Football Area memiliki kosep dasar berfilosofi "membuat banyak orang tersenyum dan menggiatkan lagi olahraga di daerah Chiba." Konsep itu pun ternyata bisa dibilang cukup berhasil, setidaknya buat saya, yang sempat membandingkannya dengan kondisi fasilitas-fasilitas olahraga, khususnya sepak bola, di Indonesia.

Nah, mau tahu apa lagi yang bakal tersaji dalam rangkaian acara liputan Launching Rebula di Jepang serta keseruan saat mengunjungi pabrik pembuatan sepatu tersebut d Osaka? Ikuti terus laporannya di Bola.com.

Baca dan saksikan berita serta vlog liputan Bola.com langsung dari Jepang dalam rangkaian acara Launching Mizuno Rebula - Japan Tour, di sini

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer