Sukses


Singkirkan Portugal, Cile ke Final Berkat Aksi Heroik Bravo

Bola.com, Kazan - Cile lolos ke final setelah menyingkirkan Portugal melalui adu penalti pada semifinal di Kazan Arena, Kazan, Rabu (28/6/2017) waktu setempat.

Pada pertandingan itu, Cile tampil dengan kekuatan terbaik. Pelatih Juan Antonio Pizzi menurunkan trio penyerang Eduardo Vargas, Arturo Vidal, dan Alexis Sanchez.

Sementara itu, Portugal harus kehilangan bek kiri Raphael Guerreiro yang mengalami cedera. Posisi Guerreiro digantikan pemain yang membela Benfica, Eliseu.

Peluang pertama pada laga tersebut dihasilkan Cile pada menit ke-6. Namun, peluang Vargas gagal berujung gol karena mampu diantisipasi kiper Rui Patricio.

Portugal gantian memberikan ancaman semenit berselang. Akan tetapi, giliran kiper Claudio Bravo mengamankan bola hasil tembakan Andre Silva. Babak pertama berakhir tanpa gol.

Memasuki babak kedua, Cile kembali menciptakan peluang mencetak gol. Namun, sundulan Vidal hanya menyamping tipis dari gawang Rui Patricio pada menit ke-53.

Bintang Portugal Cristiano Ronaldo baru mencatat kesempatan emas pada menit ke-59. Namun, peluang Cristiano Ronaldo bisa diselamatkan Bravo di dalam kotak penalti.

Hingga babak kedua berakhir, skor tetap imbang tanpa gol. Pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu 2x15 menit.

Pada babak tambahan tepatnya menit ke-113, wasit asal Iran, Alireza Faghani, membuat keputusan kontroversial. Pemain Cile Francisco Silva dijegal bek Portugal Jose Fonte. Namun, wasit tidak menunjuk titik putih meski dalam tayangan ulang terlihat Fonte menginjak kaki Silva.

Pada menit ke-119, Cile menciptakan peluang terbaik dalam pertandingan itu. Tembakan Vidal dari luar kotak penalti membentur tiang gawang dan bola muntah yang diteruskan Martin Rodriguez juga mengenai mistar gawang Portugal.

Kedua tim kembali gagal mencetak gol setelah menjalani 120 menit pertandingan. Pertandingan berlanjut ke babak adu penalti untuk menentukan pemenang yang akan melaju ke final.

Pada drama adu penalti, tiga penendang awal Portugal gagal mencetak gol karena mampu dibaca Bravo. Sementara itu, tiga penendang Cile menjalankan tugasnya dengan sempurna. Cile menang adu penalti 3-0 atas Portugal, sekaligus ke final Piala Konfederasi 2017

Para pemain Portugal saat melakoni laga melawan Cile pada semifinal Piala Konfederasi 2017 di Kazan Arena, Kazan, Rabu (28/6/2017). (AFP/Kirill Kudryavtsev)

Berikut ini adalah daftar eksekutor penalti kedua tim:

Portugal

Gol: -
Gagal: Ricardo Quaresma, Joao Moutinho, Luis Nani

Cile

Gol: Arturo Vidal, Charles Aranguiz, Alexis Sanchez
Gagal: -

Susunan pemain

Portugal: 1-Rui Patricio; 21-Cedric Soares, 2-Bruno Alves, 6-Jose Fonte, 19-Eliseu; 10-Bernardo Silva (20-Ricardo Quaresma 83), 23-Adrien Silva (8-Joao Moutinho 101), 14-William Carvalho, 15-Andre Gomes (18-Gelson Martins 116); 9-Andre Silva (17-Luis Nani 76), 7-Cristiano Ronaldo.

Pelatih: Fernando Santos

Cile: 1-Claudio Bravo; 4-Mauricio Isla (6-Jose Pedro Fuenzalida 120), 18-Gonzalo Jara, 17-Gary Medel, 15-Jean Beausejour; 20-Charles Aranguiz, 21-Marcelo Diaz, 10-Pablo Hernandez (5-Francisco Silva 112); 11-Eduardo Vargas (16-Martin Rodriguez 86), 8-Arturo Vidal, 7-Alexis Sanchez.

Pelatih: Juan Antonio Pizzi

Wasit: Alireza Faghani (Iran)

Video Populer

Foto Populer