Sukses


4 Bintang yang Punya Kans Keluar dari Liga Super China

Bola.com, Jakarta - Liga Super China menjadi magnet para pesepakbola papan atas dunia, terutama yang berkarier di Eropa. Mereka berbondong-bondong setuju mengikat kontrak dengan tim-tim asal Tiongkok tersebut.

Modal utama para peserta Liga Super China adalah gelontoran gaji tinggi, plus dana transfer bagi klub pemilik. Beberapa klub sempat memantik atensi, termasuk Shanghai Shenhua. Klub ini merekrut mantan striker Juventus dan Manchester City, Carlos Tevez.

Guna mendapatkan jasa pemain asal Argentina itu, Shanghai Shenhua berani membayar 38 juta euro per tahun. Gaji bersih itu membuat Tevez menjadi pemain dengan bayaran tertinggi di dunia.

Tetapi, Konfederasi Sepak Bola Asia dan Federasi Sepak Bola China telah menginformasi ada 18 klub yang tengah mengalami kesulitan dalam membayar gaji pemain . Dari 18 pemain tersebut, 13 di antaranya adalah klub-klub Liga Super Tiongkok.

Mereka di antaranya Shanghai Shenhua, Guangzhou Evergrande, Shanghai SIPG, Jiangsu Suning, serta Hebei China Fortune. Selain Shanghai, empat juga mendatangkan pesepak bola dunia.

Dengan kondisi keuangan yang sulit seperti ini, bukan tak mungkin para pesepak bola dunia itu akan meninggalkan China. Kans terbuka, terutama bagi pemain yang ingin berkarier di Eropa. Bursa transfer di Benua Biru bakal berlangsung sampai akhir Agustus 2017.

Berikut empat pemain yang bisa meninggalkan Liga Super China:

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

2 dari 5 halaman

1. Carlos Tevez (Shanghai Shenhua)

Carlos Tevez meninggalkan Boca Junior pada Desember 2016 untuk menerima pinangan Shanghai Shenhua. Pemain Timnas Argentina itu menerima gaji bersih sebesar 38 juta euro.

Jumlah itu menempatkan Tevez sebagai pemain dengan bayaran tertinggi di dunia. Mantan striker Juventus itu mengalahkan megabintang Barcelona Carlos Tevez dan bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo.

Namun, Tevez berpeluang meninggalkan Shanghai Shenhua setelah klub dinyatakan kesulitan dalam membayar gaji pemain. Menurut situs Tranfermarkt, mantan pemain Manchester United itu memiliki nilai pasar 4,5 juta euro.

3 dari 5 halaman

2. Paulinho (Guangzhou Evergrande)

Barcelona berpeluang mendapatkan gelandang Guangzhou Evergrande, Paulinho. Seperti diberitakan sebelumnya, Blaugrana sudah menyatakan ketertarikannya kepada pemain asal Brasil itu.

Guangzhou membayar Tottenhan Hotspur 14 jua euro pada 2015 untuk mendapatkan jasa Paulinho. Setelah dua tahun, nilai pemain ini di pasar sebesar 15 juta euro.

Namun, Paulinho memiliki klausul pelepasan dalam kontraknya sebesar 40 juta euro.

4 dari 5 halaman

3. Hulk (Shanghai SIPG)

Setelah bermain untuk FC Porto dan klub Rusia, Zenit St. Petersburg, Hulk memutuskan melanjutkan karier sepak bolanya ke Liga Super Tiongkok. Striker asal Brasil itu menerima pinangan Shanghai SIPG pada 2016 lalu dengan biaya 55 juta euro.

Hulk pun berpeluang meninggalkan Shanghai SIPD menyusul krisis keuangan yang melanda klub itu. Pemain ini ditaksir punya nilai pasar 20 juta euro.

5 dari 5 halaman

4. Oscar (Shanghai SIPG)

Shanghai SIPG merekrut Oscar dengan nilai transfer 20 juta euro pada 2016. Gelandang asal Brasil itu meninggalkan Chelsea setelah diiming-iming gaji 22 juta euro per musim.

Sama seperti rekannya, Hulk, Oscar pun bisa tersedia di bursa transfer musim panas ini. Masih berusia 25 tahun, ia dianggap masih memiliki nilai pasar 25 juta euro.

Video Populer

Foto Populer