Sukses


Alasan Italia Tak Memakai Formasi Tiga Bek

Bola.com, Madrid - Pelatih Timnas Italia, Giampiero Ventura, mendapat kritikan usai anak asuhnya kalah dari Spanyol dengan skor 0-3, pada laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa, Sabtu (2/9/2017) atau Minggu (3/9/2017) dini hari WIB. Ventura dianggap memaksakan formasi 4-4-2.

Pada laga di Stadion Santiago Bernabeu tersebut, Spanyol mencetak gol via aksi Isco dan Alvaro Morata. Bagi Italia, kekalahan tersebut membuat mereka gagal mendekati perolehan poin Spanyol pada klasemen sementara Grup G.

Beberapa pihak, terutama kalangan medi di Italia menilai, Giampiero Ventura terlalu ngotot dengan formasi 4-4-2. Dia ogah menerapkan formasi 3 bek yang biasanya bisa sulitkan Spanyol.

"Ini proyek dan satu laga tak bisa ubah itu (formasi)," kata Ventura seperti dikutip Football Italia. Ini kekalahan pertama Italia sejak 2006 lalu lawan Prancis pada kualifikasi Piala Dunia. Ini sekaligus mengakhiri rekor tak pernah kalah di 56 laga terakhir.

"Secara umum ada perbedaan level kebugaran dan kualitas. Kami memberi mereka kesempatan. Kami tertinggal 0-2 lewat dua tembakan, kami punya peluang terbaik tapi De Gea lakukan penyelamatan luar biasa," ucapnya.

"Saat ini, kami ini manusia sedangkan Spanyol bukan manusia. Masalah utamanya itu terletak di siapa kami dan ingin seperti apa kami? Ini pengalaman dan kami akan analisa apa yang akan kami pelajari," ujarnya, menambahkan.

Italia kalah segalanya saat melawan Spanyol. Berdasarkan statistik, Italia hanya menguasai bola sebanyak 45 persen saja, sedangkan Spanyol 55 persen.

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer