Sukses


4 Fakta Ini Bukti Messi Lebih Hebat daripada Ronaldo

Bola.com, Barcelona - Tidak ada habisnya jika membicarakan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, dua pemain yang mendominasi penghargaan Pemain Terbaik Dunia sejak 2008 lalu. Banyak pesepak bola yang ingin menjadi seperti Messi atau Ronaldo.

Harry Kane misalnya, penyerang Tottenham Hotspur itu ingin seperti Ronaldo. Kane ingin bisa mencapai level performa seperti yang ditunjukkan oleh Ronaldo saat ini.

Kane menyebut Ronaldo telah sukses membuktikan kualitasnya sebagai pemain sepak bola, baik ketika berlaga untuk Real Madrid maupun saat berkostum Timnas Portugal. Karena itulah Ronaldo layak meraih Ballon d'Or.

"Ronaldo memenangkan Piala Eropa dan Liga Champions. Siapa yang tak ingin memenangkan trofi besar seperti itu?"

Atau Eden Hazard yang ingin mencapai prestasi seperti Messi. Gelandang serang Timnas Belgia itu merupakan pemain penting Chelsea dalam beberapa tahun terakhir.

"Messi mencetak satu, dua, tiga gol dalam setiap pertandingan. Itulah yang perlu dituju, untuk mencapai prestasi seperti dia," ujar Hazard pada 2014.

Bila membicarakan Messi dan Ronaldo memang tak ada habisnya. Namun, ada empat fakta yang menunjukkan Messi lebih hebat ketimbang Ronaldo.

2 dari 5 halaman

Rasio Gol

Sepanjang berkarier sebagai pesepak bola profesional, Messi memiliki rata-rata gol sebesar 0,81 gol per pertandingan. Sedangkan Ronaldo hanya 0,70 gol.

Performa terbaik Messi terjadi pada musim 2011/12. Ketika itu dia mampu mencetak 73 gol dari 60 pertandingan di semua kompetisi. Itu artinya, La Pulga, sebutan Messi, mampu mencetak 1,19 gol per laga.

3 dari 5 halaman

Dribel

Statistik ini diambil sejak musim 2009. Messi membuat 7,6 dribel per pertandingan. Tercatat, 4,5 di antaranya berhasil menggiring bola dengan sukses.

Sementara Ronaldo hanya mencatatkan 3,6 dribel bola, kalah jauh dari Messi. Pemain asal Portugal itu hanya melakukan dribel sukses sebanyak 1,8 kali per pertandingan.

4 dari 5 halaman

Fleksibilitas

Ronaldo biasanya bermain di posisi sayap kanan dalam formasi 4-3-3 atau 4-3-2-1 di Real Madrid. Tapi sepanjang musim ini, dia bermain sebagai penyerang tengah.

Namun kenyataannya, perubahan posisi itu tidak berdampak baik untuk Ronaldo. Pria berusia 32 tahun itu hanya mampu mencetak satu gol dari tujuh penampilan di La Liga musim ini. Padahal, dia sudah melepaskan 48 tembakan.

Sementara Lionel Messi yang sudah tidak bermain sebagai striker tengah, sejak kedatangan Luis Suarez, berhasil menjelma sebagai winger terbaik. Sejak musim panas 2014, dia mamu mencetak 153 gol dan menyumbang 67 assist untuk Barcelona.

5 dari 5 halaman

Assist

Ronaldo memulai kariernya sebagai pesepak bola profesional pada 2002, dua tahun lebih cepat bila dibandingkan dengan Messi. Namun, jumlah assist Messi lebih banyak dari Ronaldo.

Tercatat, Messi sudah mencetak 237 assist, 20 kali lebih banyak dari Ronaldo di semua kompetisi. Di La Liga, Messi mencetak 116 assist sejak 2004, sedangkan Ronaldo menciptakan 82 assist sejak 2009.

Video Populer

Foto Populer