Sukses


Napoli Gemilang, Mertens Sanjung Maurizio Sarri

Napoli tampil mengesankan hingga pekan ke-12 Liga Italia dengan bertengger di singgasana. Menurut Dries Mertens, keberhasilan timnya itu tak terlepas dari strategi genius sang pelatih, Maurizio Sarri.

"Sarri mengajari saya sepak bola. Dia pelatih yang sangat saya suka, persiapannya bagus dan bahkan secara ilmiah, dia menganalisa pertandingan," kata Mertens seperti dilansir Soccerway.

Bagi Mertens, peran Sarri sangat terasa. Sarri sukses mengubah Mertens dari pemain sayap menjadi ujung tombak mematikan. Sejak berubah posisi pada Oktober lalu, Mertens telah mencetak 42 gol dari 53 penampilan.

Mertens menambahkan, Sarri merupakan pelatih yang punya gaya sepak bola yang rapi. Menurut Mertens, kerapihan itu terasa baik ketika Napoli menyerang maupun bertahan.

 

 

2 dari 3 halaman

Pelatih yang Rapi

"Yang saya suka dari sepak bolanya adalah carana mengatur tahap-tahap ketika kami tak memegang bola dan menyusun tekanan pada lawan ketika mereka sedang memegang bola," ujar Mertens.

Sarri masuk sebagai pelatih Napoli menggantikan Rafael Benitez pada Juni 2015. Sarri sendiri adalah putra asli kota Naples.

Melatih klub besar merupakan pengalaman baru buat Sarri. Sebelum Napoli, Sarri hanya melatih klub kasta kedua di Liga Italia.

3 dari 3 halaman

Pelatih 'Pemula'

Kendati demikian, Sarri ternyata mampu membawa Napoli tampil beringas di musim ini. Napoli tercatat sebagai salah satu tim kedua terproduktif setelah Juventus dengan 32 gol.

Dalam hal bertahan, Napoli juga tercatat sebagai tim kedua yang paling sedikit kebobolan setelah AS Roma. Il Partenopei -julukan Napoli- baru kebobolan delapan gol hingga pekan ke-12.

"Sepertinya, Sarri telah memainkan pertandingan di dalam kepalanya dan di atas lapangan, Anda punya pemain tambahan," kata Mertens mengakhiri.

Video Populer

Foto Populer