Sukses


Evolusi Adidas Predator, Sepatu Legendaris Beckham hingga Zidane

Bola.com, Jakarta - Produsen perlengkapan olahraga asal Jerman, Adidas, merilis kembali sepatu legendaris, Adidas Predator. Sepatu tersebut merekam berbagai peristiwa bersejarah sepak bola sejak pertama kali dirilis.

Semenjak diproduksi pertama kali pada 1994, Adidas Predator kerap melekat di kaki pesepak bola profesional. Mulai dari Paul Gascoigne, David Beckham, Zinedine Zidane, hingga Kaka pernah menjajal sepatu tersebut.

Akan tetapi, Adidas sempat menghentikan produksi Adidas Predator pada 2014. Ketika itu, Adidas memiliki beberapa varian baru untuk menggantikan Predator.

Meski begitu, pada akhirnya, Adidas memutuskan untuk merilis kembali Predator pada 2017. Versi terbaru itu diberi nama Predator 18+ dan termasuk ke dalam koleksi Skystalker bersama Siluet X dan Nemeziz.

Dalam rangka menyambut Adidas Predator 18+, berikut ini evolusi sepatu legendaris tersebut dari masa ke masa:

 

2 dari 3 halaman

Era 1990

1994

Adidas menyetujui sepatu sepak bola rancangan Craig Johnston pada 1994. Ketika itu, Johnston merancang sepatu sepak bola dengan teknologi terbaru untuk mengurangi risiko cedera.

Setelah diproduksi, John Collins menjadi pemain pertama yang mengenakan sepatu tersebut pada Old Firm Derby pada April 1994. Saat itu Collins mencetak gol pertama lewat eksekusi tendangan bebas.

1995

Satu tahun berselang, Adidas mengontrak bintang sepak bola Inggris, Paul Gascoigne, untuk mengenakan versi terbaru dari Adidas Predator. Gascoigne meneken kontrak lima tahun bersama Adidas.

Ketika itu, Adidas mengeluarkan versi terbaru dari Adidas Predator. Versi teranyar itu diberi nama Adidas Predator Rapier.

1996

Adidas Predator mendunia pada 1996 berkat jasa David Beckham. Ketika itu, Beckham mencetak gol dari tengah lapangan ketika menghadapi Wimbledon pada ajang Premier League.

Saat itu Adidas telah mengeluarkan versi terbaru dari Adidas Predator. Edisi 1996 memiliki nama Adidas Predator Touch.

1998

Pada pagelaran Piala Dunia 1998, Adidas Predator menghiasi sejumlah pesepak bola papan atas, termasuk andalan timnas Prancis, Zinedine Zidane. Pada ajang tersebut, Zidane sukses mengantarkan Les Bleus keluar sebagai juara.

Pada pagelaran Piala Dunia 1998, Adidas kembali mengeluarkan varian terbaru untuk Adidas Predator. Edisi khusus Piala Dunia 1998 itu diberi nama Adidas Predator Accelerator.

 

3 dari 3 halaman

Era 2000

2004

Liverpool mencatatkan sejarah ketika menjuarai Liga Champions 2004-2005. Ketika itu, The Reds menjadi juara setelah sempat tertinggal 0-3 pada babak pertama.

Liverpool berhasil bangkit setelah turun minum berkat gol kapten Steven Gerrard. Ketika itu, Gerrard mengenakan Adidas Predator Pulse 2004.

2006

Alessandro Del Piero tampil sebagai pengganti pada laga semifinal Piala Dunia 2006. Namun, Del Piero sukses menyegel kemenangan timnas Italia berkat golnya pada menit ke-121.

Pada laga final, Del Piero kembali mencetak gol untuk timnas Italia pada babak adu penalti. Saat itu, Adidas Predator Absolute 2006 menghiasi kaki Del Piero.

2008

Bersama Andres Iniesta, Xavi Hernandez merupakan pilar di lini tengah timnas Spanyol dan Barcelona pada 2008. Kombinasi keduanya membuat menghasilkan gelar Piala Eropa 2008 dan Liga Champions 2008-2009.

Xavi berperan sebagai pengatur tempo timnas Spanyol dan Barcelona. Pada periode tersebut, Xavi menjadikan Adidas Powerswerve 2008 sebagai andalan untuk mengolah bola.

Ulasan Predator 18+ dapat dibaca melalui artikel ini: Adidas Rilis Versi Anyar Sepatu Legendaris, Predator

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer