Sukses

6 Fakta Menarik Babak Penyisihan Grup Liga Europa

Babak penyisihan grup Liga Europa sudah berakhir. Sebanyak 32 klub, termasuk delapan klub dari Liga Champions, memastikan tiket ke fase knock out yang bakal digelar pada 15 dan 22 Februari 2018 mendatang.

 

Dalam laga penutup penyisihan grup, dua klub Inggris, Everton dan Arsenal memetik kemenangan besar pada Kamis (7/12/2017) atau Jumat dinihari WIB. Everton menekuk klub asal Kepulauan Sirpus 3-0, sementara Arsenal menghajar BATE Borisov 6-0 di Emirates.

Berbanding terbalik dengan duo Italia, Lazio dan AC Milan yang melakoni laga tandang. Terbang ke Kroasia untuk menantang Rijeka, Milan kalah 0-2. Sedangkan Lazio takluk dari klub Belgia SV Zulte-Waregem 2-3.

Meski keduanya kalah, mereka berhak melaju ke fase 32 besar sebagai juara grup. Sebab koleksi poin Milan dan Lazio tak dapat terkejar oleh pesaing terdekatnya.

Bergeser ke Spanyol, sejarah dicatat Real Sociedad akhirnya menapaki babak knock out kompetisi Eropa untuk pertama kalinya dalam 14 tahun terakhir. Tim ini finis di peringkat dua Grup L usai kalah dari Zenit 1-3 di Anoeta.

Dengan lolosnya Sociedad, ada empat tim asal Spanyol yang lolos ke 32 besar yaitu Villareal, Athletic Bilbao, serta Atlético Madrid. Atlético tergusur ke Liga Europa karena cuma finis di peringkat tiga dalam fase penyisihan grup Liga Champions.

Lebih jauh, berikut data dan fakta menarik Liga Europa dilansir dari OptaJoe, Jumat (8/12).

 

 

1 dari 3 halaman

Fakta Menarik

1. AC Milan tak mencetak satu pun tembakan tepat sasaran untuk pertama kalinya di Liga Europa musim ini.

2. Tidak ada tim yang mencetak lebih banyak gol dari AC Milan dalam 15 menit pertama pertandingan selama Liga Europa ini.

3. Dari tujuh tim yang telah mencetak 6 gol atau lebih dalam kompetisi Eropa musim ini, empat diantaranya adalah klub Inggris: Liverpool (dua kali), Chelsea dan Arsenal.

4. Anthony Gordon (16 tahun 286 hari) menjadi pemain 16 tahun kedua yang bermain untuk klub Inggris dalam sejarah Liga Europa. Dia menyamai rekor Jake Bidwell yang tampil untuk Everton saat menghadapi BATE Borisov pada Desember 2009.

5. Real Sociedad lolos ke fase knock-out di kompetisi Eropa untuk pertama kalinya dalam 14 tahun terakhir. Prestasi terbaik tim ini adalah lolos 16 besar Liga Champions pada tahun 2004.

6. Klub Villareal sukses mencapai babak sistem gugur di semua edisi Liga Europa yang telah mereka mainkan (enam edisi).

2 dari 3 halaman

Daftar Tim yang Lolos

Villarreal, Astana, Dynamo Kyiv, Partizan, Braga, Ludogorets Razgrad, AC Milan, AEK Athens, Atalanta, Lyon, Lokomotiv Moscow, Copenhagen, Viktoria Plzen, FCSB, Arsenal, Red Star Belgrade, Red Bull Salzburg, Marseille, Athletic Bilbao, Ostersund, Lazio, Nice, Zenit Saint Petersburg, Real Sociedad, CSKA Moscow, Atlético Madrid, RB Leipzig, Sporting CP, Napoli, Spartak Moscow, Glasgow Celticn Borussia Dortmund.

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer