Sukses

Mantan Wasit Pertanyakan Penalti Misterius Cristiano Ronaldo

Bola.com, London - Cristiano Ronaldo menjadi pahlawan Real Madrid ketika menang 3-1 atas Paris Saint-Germain (PSG) pada laga leg pertama 16 besar Liga Champions 2017-2018 di Santiago Bernabeu, Rabu (14/2/2018). Ronaldo mencetak dua gol pada pertandingan tersebut.

Real Madrid tertinggal lebih dulu lewat gol Adrien Rabiot ketika pertandingan berjalan 33 menit. Tim tuan rumah menyamakan kedudukan menjelang babak pertama usai lewat eksekusi tendangan penalti Ronaldo.

Namun, eksekusi tendangan penalti Ronaldo menjadi sorotan pencinta sepak bola di Eropa. Berdasarkan video tayangan ulang, bola bergerak sebelum Ronaldo menendang.

Menurut Laws of the Game FIFA, seharusnya tendangan penalti itu diulang. Seperti tertuang pada pasal ke-14 Laws of the Game, penendang tidak boleh menyentuh bola sebelum menendang.

Meski Ronaldo tidak menyentuh bola, rupanya eksekusi tendangan penalti itu tetap harus diulang. Dalam pasal yang sama, terdapat bunyi bola harus diam ketika eksekusi tendangan penalti akan dilaksanakan.

Menurut mantan wasit Premier League, Graham Poll, seharusnya penalti itu diulang. Poll melakukan penilaian tersebut setelah melihat tayangan ulang di televisi.

"Saya melihat tayangan di televisi bahwa bola bergerak sebelum mengeksekusi penalti. Bola harus diam ketika akan mengeksekusi tendangan penalti. Apabila wasit menyadarinya, tendangan itu harus diulang," ujar Poll.

"Akan tetapi, Anda tidak dapat sepenuhnya menyalahkan wasit karena hal tersebut karena tidak mudah mengambil keputusan pada saat seperti itu. Namun, dengan teknologi saat ini (video assistant referee), kita dapat melihat bola bergerak sesaat sebelum Ronaldo menendang dengan kaki kanan," Poll melanjutkan.

Gol melalui tendangan penalti tersebut merupakan yang ke-10 Cristiano Ronaldo di Liga Champions 2018. Setelah itu, Ronaldo kembali mencetak gol tujuh menit menjelang pertandingan berakhir.

Sumber: Daily Mail

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer