Sukses


Ronaldo Tak Berdaya, Portugal Ditahan Islandia

Bola.com, Saint-Etienne - Portugal bermain imbang 1-1 melawan Islandia pada laga Grup F Piala Eropa 2016 di Stade Geoffroy Guichard, Saint-Etienne, Selasa (14/6/2016) atau Rabu dini hari WIB.

Hasil tersebut cukup bersejarah bagi Islandia. Islandia memastikan poin perdana dalam keikutsertaannya di kejuaraan antarnegara.

Portugal dan Islandia kini sama-sama mengumpulkan satu poin. Puncak klasemen sementara Grup F ditempati Hungaria yang menang 2-0 atas Austria.

Pada awal pertandingan, Portugal mengambil inisatif serangan lebih dahulu. Meski begitu, Islandia tidak mau menampilkan permainan bertahan.

Islandia beberapa kali berani keluar menyerang demi mencetak gol pembuka. Kedua tim saling jual-beli serangan pada awal-awal babak pertama.

Setelah setengah jam laga berjalan, Portugal akhirnya bisa mencetak gol. Berawal dari umpan silang Andre Gomes, Luis Nani yang tanpa terkawal menyambar bola dan kemudian menggetarkan jala Hannes Halldorsson. Keunggulan Portugal 1-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Portugal hampir menggandakan kedudukan. Cristiano Ronaldo yang pada babak pertama jarang mendapat peluang emas, kali ini berkesempatan mencatatkan nama di papan skor. Namun, tembakan mendatar Ronaldo hanya menyamping tipis dari sasaran.

Keasyikan menyerang, lini belakang Portugal sedikit lengah. Islandia berhasil memanfaatkan momen tersebut untuk mencetak gol penyeimbang melalui Birkir Bjarnason pada menit ke-50. Umpan silang Johann Gudmundsson disambut tembakan voli Bjarnason yang gagal dihentikan Rui Patricio.

Gol penyeimbang dari Islandia membuat Portugal tertekan. Pelatih Fernando Santos melakukan dua pergantian dengan memasukkan Renato Sanches pada menit ke-71 dan Ricardo Quaresma pada menit ke-76, demi mencari gol kedua.

Sementara itu, Islandia terlihat nyaman dengan strategi 4-4-2 yang ditampilkan duet pelatih Lars Lagerback dan Heimir Hallgrimsson. Bahkan, Islandia tetap tidak bermain bertahan. Terbukti, pada menit ke-81, duet pelatih itu memasukkan satu penyerang, Alfredh Finnbogason untuk menggantikan posisi Kolbeinn Sigthorsson.

Pada menit ke-85, Ronaldo memiliki peluang bagus membawa Portugal kembali unggul. Akan tetapi, sundulan Ronaldo memanfaatkan umpan silang Nani jatuh tepat ke pelukan Halldorsson.

Upaya kedua tim untuk mencari gol kemenangan gagal terwujud pada sisa waktu pertandingan. Skor pertandingan berakhir 1-1.

Pada laga selanjutnya, Portugal akan menghadapi Austria, Sabtu (18/6/2016), sementara Islandia berjumpa Hungaria pada hari yang sama.

Susunan pemain

Portugal: 1-Rui Patricio; 11-Vieirinha, 6-Ricardo Carvalho, 3-Pepe, 5-Raphael Guerreiro; 10-Joao Mario (20-Ricardo Quaresma 76), 13-Danilo Pereira, 15-Andre Gomes (9-Eder 84); 8-Joao Moutinho (16-Renato Sanches 71); 17-Luis Nani, 7-Cristiano Ronaldo
Pelatih: Fernando Santos

Islandia: 1-Hannes Halldorsson; 2-Birkir Saevarsson, 6-Ragnar Sigurdsson, 14-Kari Arnason, 23-Ari Skulason; 7-Johann Gudmundsson, 17-Aron Gunnardsson, 10-Gylfi Sigurdsson, 8-Birkir Bjarnason; 9-Kolbeinn Sigthorsson (11-Alfredh Finnbogason 81), 15-Jon Dadi Bodvarsson
Pelatih: Lars Lagerback dan Heimir Hallgrimsson

Wasit: Cuneyt Cakir (Turki)

Sumber: UEFA

Video Populer

Foto Populer