Sukses


5 Fakta Menarik Islandia, Negeri Mini di Piala Eropa 2016

Bola.com, Jakarta - Islandia membuat langkah besar dalam debut penampilan di Piala Eropa 2016. Tim asuhan Lars Lagerback ini memastikan lolos ke perempat final setelah menang 2-1 atas Inggris di Stadion Allianz Riviera, Selasa (28/6/2016).   

Gol dari Ragnar Sigurdsson dan Kolbeinn Sigthorsson membuat Inggris yang sebetulnya unggul lebih dulu lewat penalti Wayne Rooney harus pulang. Islandia akan menantang tuan rumah Prancis di fase perempat final, Senin (4/7/2016). Sebagai kontestan putaran final Piala Eropa, Islandia memiliki sejumlah fakta menarik.

Klik di sini untuk mengikuti laporan langsung Bola.com dari Prancis

Berikut lima hal menarik terkait Islandia:

1. Negara Terkecil di Putaran Final
Islandia adalah negara dengan populasi terkecil yang pernah berlaga di putaran final Piala Eropa. Saat ini populasi Islandia hanya berjumlah 332.559 penduduk saja. Jumlah ini bahkan lebih kecil dibanding Trinidad dan Tobago (1,2 juta penduduk) yang menjadi negara dengan jumlah populasi terkecil yang pernah lolos ke putaran final Piala Dunia. Jumlah populasi di Islandia itu kira-kira sama dengan jumlah penonton di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, jika terisi penuh sebanyak empat kali. 

2. Lebih Banyak Gunung Berapi Ketimbang Pesepakbola
Ini adalah fakta yang mengejutkan buat sebagian orang. Islandia memiliki jumlah gunung berapi yang lebih banyak dibanding pesepakbola profesional.

Secara total, ada 23.000 pesepakbola yang ada di Islandia, namun hanya ada 120 saja yang terdaftar sebagai pemain profesional. Sementara di seantero Islandia ada 126 gunung berapi.

2 dari 2 halaman

2

3. 8% Penduduk Pergi ke Prancis
Selama berlaga di Piala Eropa 2016, timnas Islandia mendapatkan banyak dukungan dari suporternya. Diperkirakan sebanyak 8% dari keseluruhan penduduk Islandia mendatangi Prancis untuk memberikan dukungan buat Gylfi Sigurdsson dkk. di Prancis.

4. Lebih Banyak Domba Dibanding Manusia
Mirip dengan perbandingan pesepakbola dan gunung berapi. Jumlah manusia di Islandia kalah banyak dibanding jumlah domba. Saat ini diperkirakan jumlah domba di Islandia sebanyak 600.000, hampir dua kali lipat jumlah populasi manusia.

5. Dilatih Dokter Gigi
Dipermalukan oleh tim yang dilatih dokter gigi. Begitu headline media di Inggris setelah Wayne Rooney dkk. disingkirkan Islandia dengan skor 1-2 di babak perdelapan final Piala Eropa 2016.

Islandia saat ini dilatih oleh duet Lars Lagerback dan Heimir Hallgrimsson. Lagerback adalah pelatih asal Swedia, sementara partnernya asli Islandia. Saat ini, selain menjadi pelatih timnas Islandia, profesi Heimir memang betul adalah seorang dokter gigi.

 

Video Populer

Foto Populer