Sukses


Sosok Penting di Balik Sukses Rio Haryanto di Austria (1)

Bola.com, Wina - Rio Haryanto pantas mendapat banyak pujian atas keberhasilannya meraih gelar juara pada sprint race GP2 Austria, Minggu (21/6) lalu. Pebalap kelahiran 22 Januari 1993 ini tidak hanya sekadar menggondol piala serta menambah pundi-pundi poin di klasemen sementara GP2, sukses Rio juga sekaligus mengharumkan nama bangsa Indonesia di dunia balapan internasional.

Setidaknya, di Austria, nama Indonesia berhasil diukir Rio Haryanto dengan tinta emas di sirkuit Red Bull Ring Spielberg. Namun, Rio tidak sedikit pun jumawa akan keberhasilannya tersebut.

Ia dengan tegas mengatakan bahwa kesuksesannya di GP2 Austria tidak lepas dari dukungan beberapa pihak dan Campos Racing, tim di mana ia bergabung. Nah, mau tahu sosok siapa saja yang punya peran penting dalam kesuksesan Rio di ajang GP2 ini, berikut laporan Bola.com yang meliput langsung event yang dihelat di sirkuit termegah di Austria tersebut.
 
1. Adrian Campos (Pemilik Campos Racing)
Adrian Campos selaku pemilik Campos Racing merasa puas dengan penampilan Rio Haryanto. (Bola.com/Reza Khomaini)

Sosok Adrian Campos sebagai bos Campos Racing sudah pasti sangat penting dalam perjalanan Rio Haryanto di ajang GP2 tahun ini. Campos yang lahir di Valencia, 17 Juni 1960, tidak hanya jago dalam urusan manajemen balapan, Campos juga punya segudang pengalaman di dunia olahraga otomotif ini. Ia pernah tercatat sebagai pembalap Formula 1 bersama tim Minardi pada 1987-1988. Pada tahun tersebut, Campos berhasil mengikuti sebanyak 21 balapan grand prix.
 
Setelah pensiun dari balapan, Campos memulai kariernya di dunia manajemen otomotif dengan nama Adrian Campos Motorsport pada 1998. Tetapi nama tersebut akhirnya berubah menjadi Campos Racing. Tim ini juga pernah turun di ajang F1  2010 hingga 2012. Jadi, tidak salah jika Rio bergabung dengan manajemen Campos Racing. Selain sarat pengalaman manajemen, pemiliknya juga merupakan mantan pembalap F1.
 
Rio Haryanto sendiri mengaku bahagia bisa bergabung bersama Campos Racing. Mobil yang dikendarai pada GP2 musim ini, jauh lebih baik. ‘‘Saya merasa senang dengan tim saya (Campos Racing). Komunikasi bagus, mobil juga lebih oke, orang-orang di tim juga sangat membantu,’’ ucap Rio.

Adrian Campos saat ditemui Bola.com usai balapan sprint race mengaku cukup puas dengan progress yang diperlihatkan Rio di musim ini. ’’Rio merupakan sosok pribadi yang bagus. Itu sangat penting untuk komunikasi tim. Rio juga memiliki skill yang cukup bagus sebagai pembalap. Dia punya potensi untuk terus berkembang,’’ ucap Campos.
 
2. Dennis van Rhee (Trainer/Coach)
Dennis van Rhee yakin RIo bisa mewujudkan impian bermain di level tertinggi. (Bola.com/Reza Khomaini)

Sosok kedua ini juga tak kala pentingnya bagi Rio Haryanto. Ia adalah sosok yang bertugas melatih kemampuan Rio Haryanto. Pengalamannya di dunia balap internasional juga sudah cukup banyak. ’’Saya trainer, coach, dan juga mentor pribadi Rio,’’ ungkap Dennis saat bincang-bincang ringan dengan Bola.com di belakang paddock Campos Racing.
 
Menurut pria asal Belanda ini, Rio merupakan pembalap Indonesia yang memiliki kans besar untuk bisa berlomba di Formula 1. ’’Saat ini belum ada lagi yang selevel dengan Rio. Saya punya keyakinan besar dia bisa berlaga di level tertinggi,’’ ucapnya.
 
Saat ditanya mengenai tugas utamanya di dalam tim, Dennis mengatakan bahwa selain menjadi personal trainer Rio, ia juga memiliki tanggung jawab jika lomba balap tersebut digelar di kawasan Asia. ’’Yang jelas kalau di Eropa bukan saya. Tapi pas main di Asia, saya bertanggung jawab,’’ tutur pria yang menggemari tim nasional sepak bola Belanda ini.

Baca Juga:

Eksklusif dari Austria: 5 Ritual Unik Rio Haryanto Jelang Balapan

Eksklusif dari Austria: Doa Al Ikhlas Iringi Sukses Rio Haryanto

Eksklusif dari Austria: Rio Haryanto Was-was Hujan di Spielberg

Video Populer

Foto Populer