Sukses


Cuma Setengah Musim, Nilai Rapor Rio Haryanto di F1 Tetap Bagus

Bola.com, Connecticut - Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, hanya turun setengah musim pada F1 2016 bersama Manor Racing. Meski tak membalap hingga seri terakhir, penampilan pebalap berusia 23 tahun itu tetap mendapat nilai baik dari media asing.

Pada Rabu (21/12/2016), media AS, NBC Sports, merilis rapor Rio dari 12 penampilan pada musim 2016. Dua reporter F1 NBC Sports yang memberikan penilaian, Luke Smith dan Tony DiZinno, kompak menulis komentar bernada positif.

"Datang sebagai pebalap pay driver, Rio Haryanto ternyata mampu menyulitkan rekan setimnya, Pascal Wehrlein, terutama pada kualifikasi," kata Smith.

"Penampilan Rio Haryanto sudah melebihi ekspektasi awal. Meski terlihat kesulitan meraih poin, Rio punya kemampuan untuk bersaing dengan pebalap tim papan bawah lain. Mungkin perkembangan Rio akan lebih terlihat jika dia bisa terus membalap sampai akhir musim," ujar DiZinno.

Rio kehilangan status sebagai pebalap utama Manor Racing pada pertengahan musim karena terkendala masalah finansial. Posisinya digantikan pebalap junior Mercedes, Esteban Ocon. Smith mengatakan Rio berpeluang kembali ke F1 pada musim 2017.

"Rio bisa kembali pada 2017 jika membawa uang yang cukup. Apakah dia bisa menjadi juara dunia? Mungkin tidak. Tapi yang pasti dia bisa tampil kompetitif dengan mobil tim papan bawah," tutur Smith.

Rio Haryanto saat ini masih terus berjuang untuk kembali membalap di F1 pada 2017. Jika mendapat sponsor, dia berpeluang merebut kursi di Sauber atau Manor yang masih memiliki slot kosong.

Statistik Rio Haryanto pada F1 2016

Tim: Manor
Nomor Mobil: 88
Start: 12
Podium: -
Finis Terbaik: 15 (GP Monako)
Fastest Lap: -
Poin: 0
Memimpin Lomba: -
Posisi di Klasemen: 24

Video Populer

Foto Populer