Sukses


BBC Nilai Performa Rio Haryanto Lebih Baik daripada Vettel

Bola.com, London - Situs BBC pada Sabtu (24/12/2016) merilis daftar pebalap F1 terbaik dan paling mengecewakan pada musim 2016. Bagaimana penilaian media Inggris itu terhadap performa pebalap Indonesia, Rio Haryanto?

BBC ternyata menganggap performa Rio cukup baik meski hanya tampil setengah musim bersama Manor. Pebalap berusia 23 tahun itu menempati posisi ke-12 dalam ranking pebalap terbaik dan berada di peringkat kesembilan dalam daftar pebalap paling mengecewakan.

Bahkan, performa Rio dinilai lebih baik ketimbang empat kali juara dunia F1, Sebastian Vettel. Pebalap Ferrari itu ada di posisi ketiga dalam daftar pebalap paling mengecewakan di bawah Daniil Kvyat (Toro Rosso) dan Esteban Gutierrez (Haas).

"Vettel benar-benar mengecewakan pada musim ini. Setelah meraih tiga kemenangan pada musim debut bersama Ferrari, dia gagal memenangi balapan pada 2016. Diprediksi bakal menjadi pesaing Mercedes, Vettel malah lebih sering finis di posisi keempat atau kelima," tulis BBC.

BBC tak memberikan status pebalap terbaik kepada sang juara dunia, Nico Rosberg. Rosberg hanya menempati posisi ketiga di bawah rekan setimnya di Mercedes, Lewis Hamilton, dan rising star milik Red Bull, Max Verstappen.

Sebelum BBC, media AS, NBC, juga menilai performa Rio pada musim 2016 cukup memuaskan. NBC memberikan nilai positif kepada Rio karena pebalap asal Solo, Jawa Tengah, itu mampu tampil melebihi ekspektasi awal.

Dipandang remeh karena hanya berstatus sebagai pay driver, Rio ternyata mampu menyulitkan rekan setimnya Pascal Wehrlein, yang digadang-gadang sebagai calon bintang masa depan F1, terutama pada sesi kualifikasi.

Rio kehilangan kursi pebalap utama Manor juga bukan karena faktor penampilan di lintasan. Dia digantikan Esteban Ocon hanya karena terbentur masalah finansial.

Rio Haryanto masih berjuang kembali ke F1 pada musim 2017. Penilaian bagus dari media asing menjadi modal Rio dalam usahanya mencari sponsor. Peluang Rio balik ke F1 belum tertutup karena masih ada kursi kosong di tim Sauber dan Manor.

Pebalap Terbaik pada 2016 versi BBC:

1. Lewis Hamilton (Mercedes)
2. Max Verstappen (Red Bull)
3. Nico Rosberg (Mercedes)
...
12. Rio Haryanto (Manor)

Pebalap Paling Mengecewakan pada 2016 versi BBC:

1. Daniil Kvyat (Toro Rosso)
2. Esteban Gutierrez (Haas)
3. Sebastian Vettel (Ferrari)
...
9. Rio Haryanto (Manor)

Video Populer

Foto Populer