Sukses


5 Tim F1 yang Memakai Mobil Berwarna Pink

Bola.com, Jakarta - Force India membuat sensasi jelang F1 2017. Tim yang bermarkas di Silverstone, Inggris, itu pada 14 Maret lalu mengumumkan bakal memakai mobil bercorak pink untuk musim ini.

Gambar mobil VJM10 berwarna dominan merah muda yang dirilis Force India langsung mencuri perhatian para pelaku dan penggemar F1. Maklum, jet darat berhias warna pink bukan hal yang lazim terlihat di F1.

Apalagi penggunaan warna pink pada mobil Force India cukup ekstrem karena menghiasi mayoritas bodi jet darat. Warna yang identik dengan hal-hal feminin itu mendominasi dua warna lain pada mobil, yakni magenta dan perak.

Namun, Force India bukan tim pertama yang memakai mobil berwarna pink. Sebelum Force India, sudah ada beberapa tim yang memakai sentuhan merah jambu pada jet darat mereka.

Tim apa saja kah itu? Berikut ini adalah daftar lima tim F1 yang memakai mobil dengan sentuhan warna pink:

2 dari 6 halaman

Onyx

Onyx

Onyx hanya dua tahun berkiprah di F1 pada 1989 dan 1990. Namun, tim yang berbasis di Inggris itu sukses mencuri perhatian pada musim debut di lomba jet darat.

Mobil Onyx bermesin Ford untuk F1 1989, ORE-1 bercorak nyentrik dengan warna dominan biru plus sentuhan pink. Meski tak kompetitif pada awal musim, ORE-1 secara mengejutkan berhasil membawa Stefan Johansson sekali naik podium hasil finis ketiga pada balapan GP Portugal 1989.

3 dari 6 halaman

Brabham

Brabham

Brabham menjalani musim terakhir di F1 pada 1992 dengan mobil bernama BT60B. Jet darat bermesin Judd itu tak kompetitif tapi terkenal karena dua hal.

Pertama, BT60B merupakan mobil pertama yang dipakai juara dunia F1 1996 Damon Hill saat debut di lomba jet darat. Alasan kedua adalah penampakan yang mudah dikenali karena bagian depan mobil tersebut berwarna pink.

4 dari 6 halaman

Pacific

Pacific

Pacific menghiasi grid F1 pada 1994 dan 1995. Pada musim debut, mobil Pacific bermesin Ilmor, PR01, dihiasi sentuhan garis pink pada beberapa bagian, termasuk logo dan nomor balap.

Namun, PR01 jarang terlihat di lintasan. Duet pebalap Pacific, Paul Belmondo dan Bertrand Gachot, jarang lolos kualifikasi dan ketika bisa ikut lomba keduanya selalu gagal finis.

5 dari 6 halaman

Jaguar

Jaguar

Jaguar identik dengan mobil berwarna dominan hijau dan dihiasi sentuhan logo jaguar putih. Namun, pada GP Monako 2003 Jaguar membuat kejutan dengan memperkenalkan logo jaguar berwarna pink terkait kerja sama dengan sponsor. Saat itu sponsor Jaguar, produsen berlian Steinmetz Group, baru saja memperkenalkan produk baru mereka yakni berlian berwarna pink.

Namun, hasil yang diraih Jaguar saat lomba tak berkilau layaknya berlian. Kedua pebalap Jaguar, Mark Webber dan Antonio Pizzonia, gagal finis karena mobil mereka mengalami masalah teknis pada awal lomba.

6 dari 6 halaman

Force India

Force India

Jelang F1 2017, Force India meluncurkan mobil VJM10 berwarna hitam, perak, dan oranye. Jet darat tersebut masih dipakai Sergio Perez dan Esteban Ocon pada tes pramusim.

Namun, setelah tes pramusim Force India mengumumkan mengganti corak mobil mereka menjadi dominan pink setelah medapatkan sponsor baru, yakni BWT Group. Perusahaan teknologi air dari Austria itu identik dengan warna merah jambu.

Bahkan, bukan hanya mobil Force India yang nantinya berwarna pink. Perez dan Ocon juga bakal memakai helm berwarna merah muda!

Video Populer

Foto Populer