Sukses


FIFA Jatuhkan Sanksi, Ini Dampaknya untuk Timnas

Bola.com, Jakarta - FIFA akhirnya menjatuhkan sanksi kepada PSSI. Keputusan itu dikeluarkan oleh otoritas tertinggi sepak bola dunia seusai berlangsungnya rapat Komite Eksekutif (Exco) FIFA di Zurich, Swiss, Sabtu (30/5). Sanksi ini dijatuhkan FIFA karena adanya intervensi yang dilakukan Pemerintah, dalam hal ini Menpora Imam Nahrawi yang membekukan PSSI.

Menpora memutuskan untuk membekukan PSSI karena tidak mengindahkan surat teguran tertulis yang dialamatkan kepada organisasi pimpinan La Nyalla Mattalitti tersebut.

Dampak dari sanksi yang dijatuhkan FIFA kepada PSSI membuat Tim Nasional dari level senior hingga kelompok umur tidak bisa tampil di turnamen internasional maupun regional. Meskipun FIFA memberikan keringanan karena memperbolehkan Timnas U-23 tampil di SEA Games 2015.

Sepanjang tahun ini, Timnas Indonesia seharusnya tampil di beberapa turnamen bergengsi. Tim Merah Putih yang baru saja menunjuk Pieter Huistra sebagai pelatih interim sudah pasti tidak bisa mengikuti babak kualifikasi Piala Dunia 2018 sekaligus kualifikasi Piala Asia 2019. Di kualifikasi PD 2018, timnas tergabung di Grup F bersama Irak, Thailand, Vietnam, dan Cina Taipei.

Dari jadwal yang ada, Timnas Indonesia akan memulai perjalanan menuju PD 2018 yang akan berlangsung di Rusia saat meladeni Cina Taipei, 11 Juni. Namun, partai perdana di PD 2018 dipastikan batal berlangsung karena sanksi yang sudah dijatuhkan FIFA kepada PSSI tertanggal 30 Mei.

Selain itu, Timnas U-19 dan Timnas U-16 juga terkena imbas dari sanksi FIFA ini. Dua timnas asuhan Fachri Husaini dipastikan batal berlaga sebagai tuan rumah di turnamen regional, Piala AFF.

Sedianya, turnamen U-16 akan berlangsung di Solo, 27 Juli-7 Agustus 2015 dan diikuti oleh delapan negara. Sedangkan turnamen regional Piala AFF U-19 dihelat di Sidoarjo, Jawa Timur, 22 Agustus-4 September dan diikuti oleh oleh 12 negara.

Sementara itu, sanksi FIFA juga membuat Persipura Jayapura merana. Saat ini, tim asuhan Oswaldo Lessa sebenarnya masih menunggu keputusan AFC setelah gagal menjamu Pahang FA di babak 16 besar Piala AFC, beberapa waktu lalu.

Tapi, keputusan FIFA membuat asa mereka melebihi prestasi musim lalu saat menembus babak final kompetisi kasta kedua Asia itu dipastikan sirna.

Baca Juga:

Kompetisi Tak Jelas, Spaso Enggan Tinggalkan Persib

Gagal di Piala AFC, Persib Gelar Pertemuan Internal

Disingkirkan Kitchee, Made Wirawan Sebut Persib Tak Beruntung

Video Populer

Foto Populer