Sukses


Terungkap, Ini Fakta yang Bikin Persiba Kalah Telak dari Persib

Bola.com, Bandung - Persiba Balikpapan harus menelan pil pahit di partai perdana di Grup A Piala Presiden. Bertemu Persib (2/9/2015), tim besutan Eduard Tjong itu digelontor empat gol tanpa balas oleh tim tuan rumah. Eduard sudah mengakui timnya kalah kualitas dibanding juara ISL 2014 itu.

Namun di balik kekalahan itu, ada cerita yang tak diketahui banyak orang. Pelatih yang akrab disapa Edu itu menuturkan, kala itu suasana tim berbeda dengan biasanya. Sejak berangkat dari hotel menuju ke Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung, Eduard menangkap tanda-tanda anak buahnya dilanda ketegangan.

Tak tahu pasti kenapa para pemainnya tak banyak bicara sejak menaiki bus yang mengantarkan mereka ke stadion. Yang jelas, Edu tak suka melihat para pemainnya seperti itu. Namun Edu sangat meyakini, selain demam panggung, kekuatan Persib yang dihuni pemain bintang lima menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kegelisahan itu muncul.

Karena itu, saat tiba di ruang ganti stadion, Edu sempat bertanya pada seluruh pemainnya. "Ini (kita) main atau tidak, Kalau tidak (ingin) main tak masalah, daripada saya punya pemain bermental seperti ini," ujar Edu.

Memang, upaya Edu mencairkan ketegangan sebelum pertandingan mampu mengubah suasana, meski sedikit. Canda antarpemain mulai terdengar meski tetap tak seperti biasanya.

Situasi tegang di kubu Tim Beruang Madu diakui I Made Wirahadi. Kapten tim Persiba Balikpapan itu membenarkan beberapa rekannya sudah gentar lebih dulu sebelum berjumpa skuat Persib.

"Maklum, Persib materi pemainnya seperti itu. Tapi, sebetulnya hal itu sudah bisa diatasi sebelum keluar ruang ganti. Namun gol pertama dan kedua akibat kesalahan kami sendiri yang menimbulkan kepanikan," tuturnya.

Gol itu dianggap sebagai biang kekalahan telak tim berjulukan Beruang Madu itu. Pasalnya, ketegangan di benak pemain kembali muncul dan membesar sehingga permainan mereka semakin tak terorganisasi dengan baik. Gol ketiga dan keempat Persib semakin menenggelamkan mereka.

Akan tetapi, Wirahadi yakin di pertandingan selanjutnya di Piala Presiden 2015 melawan Martapura FC, Minggu (6/9/2015), dan Persebaya, ia dan rekan-rekannya akan lebih rileks. Kejadian seperti di laga kontra Persib diyakini tak akan terulang karena mereka sudah menangkap atmosfer pertandingan.

"Di pertandingan pertama pemain tegang karena lama tak main di pertandingan resmi seperti itu. Tapi setelah melewatinya, kami jauh lebih tenang," kata Wirahadi.

Baca Juga :

Highlights Piala Presiden 2015 : Persib Bandung vs Persiba Balikpapan 4-0

Persib Hancurkan Persiba dengan Skor Telak 4-0

Persib Hancurkan Persiba 4-0

 

 

Video Populer

Foto Populer