Sukses


Eks Timnas U-23 Ini Pilih Fokus Kuliah ketimbang Main Bola

Bola.com, Yogyakarta - Kiprah mantan pemain timnas U-23 di SEA Games 2009, Engelberd Sani, di pentas sepak bola nasional mulai jarang terdengar. Bisa jadi karena klub Engelberd, Persiram Raja Ampat, memilih vakum dan tidak ikut serta di Piala Presiden.

Namun, bukan berarti pemain kelahiran 28 Mei 1990 itu tidak melakukan aktivitas apa-apa. Saat ini Engelberd aktif jadi mahasiswa di STTNAS Yogjakarta. Sejak dua bulan lalu, eks pemain Pelita Jaya itu mengikuti perkuliahan di jurusan teknik sipil.

Adaptasinya di dunia kampus cukup lancar. Maklum, cukup banyak orang yang sudah mengenalnya sebagai pesepak bola. Hal tu sangat membantu dia untuk merasa nyaman kuliah.

"Sekarang fokus kuliah biar pinter. Kalau sepak bola tidak jelas, nanti ilmu di bangku kuliah bisa berguna," kata pemain 25 tahun kelahiran Sorong Papua ini.

Engelberd memilih kuliah di Yogja lantaran home base Persiram Raja Ampat berada di Kota Pelajar itu. Sewaktu-waktu Persiram aktif lagi, dia tidak kerepotan melakoni aktivitas di klub sambil kuliah.

Selama di kampus, Engel, sapaan akrabnya tetap menjaga kondisi dengan bermain futsal. "Sementara ini sering futsal sama teman-teman kampus. Kalau lapangan besar masih belum," kata mantan pemain Arema Cronus dan Pelita Jaya itu.

Saat ini Engel nyaman berkuliah. Karena itu, meski ada kesempatan main bersama klub lain di ajang Piala Kemerdekaan atau Piala Presiden, dia mengaku tidak tertarik. "Kalau main bola terus, kapan kuliahnya. Bagi saya sekarang momen yang tepat untuk mencari ilmu," ungkapnya.

Bila sudah lulus kuliah dan pensiun dari sepak bola, Engel punya cita-cita membangun tanah kelahirannya, Sorong. Sebab, masih banyak pembangunan yang harus dilakukan agar bumi Papua semakin maju. "Kami orang Papua kalau punya ilmu harus kembali bangun daerah. Sudah kewajiban itu," tegasnya.

Baca Juga :

Feature: Denny Rumba, Sayap Persepam MU Eks Pemain Basket

Feature: Cara Duo Bali United Cari Kepuasan di Luar Sesi Latihan

Feature: Kisah Sukses Djoko Malis selepas Tinggalkan Sepak Bola

 

Video Populer

Foto Populer