Sukses


Statistik Menunjukkan Zulham Zamrun Memang Layak Jadi Terbaik

Bola.com, Jakarta - Zulham Zamrun menyabet dua penghargaan prestisius di Piala Presiden, yakni top scorer dan pemain terbaik turnamen. Dua gelar yang membuatnya berhak atas hadiah senilai total 300 juta rupiah.

Pemain yang baru bergabung dengan Persib jelang Piala Presiden ini mengaku kaget terpilih sebagai pemain terbaik. Dia lebih mendukung Firman Utina memenangi gelar Pemain Terbaik.

Tetapi, tim panel yang dikomandoi Danurwindo dan Nilmaizar sepakat memilihnya. Begitu pula Labbola yang mendakunya sebagai yang terbaik di hajatan yang diselenggarakan oleh Mahaka Sports ini.

Distribusi gol
Enam gol yang dicetak oleh Zulham Zamrun merupakan yang terbanyak dibanding pemain lainnya. Lima dari 6 golnya itu dicetak saat masih di babak penyisihan. Masing-masing 1 gol ke gawang Persiba Balikpapan dan Bonek FC. Menariknya laga melawan Persiba merupakan pertandingan debutnya di partai resmi bersama Maung Bandung dan masuk sebagai pemain pengganti.

Laga terakhir melawan Martapura FC jadi ajang memamerkan kekuatan yang dia miliki. Dia mencetak hattrick ke gawang tim asal Kalimantan Selatan tersebut sekaligus memastikan Pangeran Biru lolos ke perempat final sebagai juara grup.

Sempat melempem di laga pertama 8 besar melawan Pusamania Borneo FC (PBFC), Zulham mencetak 1 gol yang membantu Persib lolos ke semifinal. Akan tetapi, dalam laga tersebut dia mengantongi kartu kuning yang membuatnya terkena akumulasi sehingga tak bermain di laga melawan Mitra Kukar di stadion Aji Imbut. Total, Zulham mendapat 3 hukuman kartu kuning, yakni saat melawan Bonek FC, PBFC, dan laga semifinal kedua melawan Mitra Kukar.

Pemain Persib Bandung Zulham Zamrun memeluk Stering Commite Piala Presiden 2015 Saat menerima hadia Best Player di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (18/10/2015). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Langsung jadi pemain penting Persib
Meski berstatus pemain baru, Zulham langsung jadi pemain penting Maung Bandung. Hanya laga melawan Persiba saja dia tampil sebagai pengganti, pada 6 partai lainnya saudara kembar Zulvin Zamrun ini tampil sebagai pemain inti. Hanya laga melawan Mitra Kukar dia tak tampil penuh ketika diganti pada menit 82.

Tapi, keputusan Djadjang Nurdjaman itu tampaknya untuk mengistirahatkannya agar tak cedera dan siap untuk final. Total dia bermain selama 584 menit atau rata-rata 83,43 menit per laga. Jumlah menit bermainnya jelas jadi penunjuk bahwa dia pemain penting bagi Persib. Selain 6 gol yang dicetak, dia punya kontribusi memberikan 2 umpan yang berbuah gol.

Pemain kelahiran Ternate, 19 Februari 1988, ini memang jadi ancaman bagi setiap lawan. Dia menghasilkan 13 tendangan tepat sasaran, 2 melebar, dan 9 lainnya diblok lawan. Selain itu, Zulham tercatat melepaskan 139 umpan sukses dan 44 umpan gagal.

Sebagai winger dia juga dikenal kerap melakukan gocekan bola. Dia tercatat 7 kali melakukan dribel sukses dan 11 dribel gagal. Pergerakannya sering membuatnya dilanggar oleh lawan, total 16 pelanggaran dilakukan lawan terhadap dirinya. Tapi, di sisi lain dia juga kerap melakukan pelanggaran, total dia melakukan 13 pelanggaran dan sempat 3 kali menerima kartu kuning.

Kontribusi pentingnya bagi keberhasilan juara Persib Bandung membuatnya layak untuk dijadikan sebagai pemain terbaik Piala Presiden. Dia adalah pembeda di tim Maung Bandung.

Baca Juga :

Statistik: Siapa Lebih Kuat, Vujovic atau Maiga?

Statistik Adu Agresif, Zulham Zamrun vs T.A. Musafri

Statistik Makan Konate Vs Asri Akbar, Siapa Lebih Efektif?

 

Video Populer

Foto Populer